Secara umum ban motor dapat golongkan menjadi dua macam
Ban biasa dan ban jenis tubeless. Bagi anda yang sering bepergian
jauh saya sarankan untuk menggunakan ban tubeless,begitu pula
bagi anda yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana
pekerjaan anda. Suatu permasalahan yang sering terjadi bagi kita
pengendara motor adalan BAN BOCOR. Jika kebocoran ban
terjadi di tengah jalan terpaksa deh kita harus mendorong motor
ke tukang tambal ban, bersyukurlah kalau jaraknya dekat,
kalau jarak jauh?? CAPE' DEEEH.
Jka kita menggunakan ban tubeless, mungkin bisa lebih santai.
Karena jika tertusuk paku, ban ini lebih kuat dibandingkan ban
yang menggunakan ban dalam. Jika ban tubeless terkena paku,
biasanya pakunya akan menancap terus dan ban baru kempes
beberapa waktu secara perlahan-lahan. Mantaaaap kan······
Setahun yang lalu saya pernah mengalami kebocoran ban
hahai saya enggak sadar loh kalau ban belakang motor ninja saya
itu
bocor. Waktu itu saya dalam perjalanan pulang dari tempat
tugas
ke rumah. Sepanjang jalan nyantai aza narik gas 80-120 kpj.
Sampai
di rumah sudah malam, pas besok pagi mau makai itu
motor,
eeeeeh ban belakangnya bocor.
Setelah di cek ternyata terdapat
dua buah paku ukuran sedang
nongkrong di sana.
Pas mau ke bawa ke tambal ban malah
ketemu sama teman,
menurut dia kalau ban tubeless itu bocor
sebelum di tambalin
sama tukang ban maka lubang yang bocor
kecil itu malah
dibesarin lebih dulu. Aw aw aw wah ini bakalan
merusak ban
menurut saya.
Ya sudah saya melakukan percobaan aza dah, kalau
berhasil
mantap kan, enggak perlu ngeluarkan uang banyak dan
lobang
bocor ban saya enggak tambah besar oleh tukang tambal.
langsung saja saya ke warung terdekat untu beli LEM SUPER
GLUE yang harganya Rp. 3000.- doang.
Paku yang nongkrong
diban motor saya cabut dengan tang,
lobang yang bocor tersebut
saya tusuk lagi dengan lidi.
Ban
saya pompa. Lidi saya lepas, kemudian dalam lobang yang
bocor tersebut saya masukkan sampai penuh, saya tusuk-
tusuk
lagi pake lidi, masukkan lagi lemnya sampai enggak
ada lagi
gelembung udara yang keluar, ini berarti lem telah
mengering
di dalam. Kuaaaat enggak ya???? KUAT DONG.
kalau
enggak kuat mengapa sekarang tetap bertahan
sampai setahun.
pertamax
BalasHapusEksperimen ya,Pak.? Setelah itu tahan berapa km.?
BalasHapus@ Anonim berkata...
BalasHapuspertamax
****
Mantap, kalau telat anda dapat solar
wkwkk···
@ bakulkangkungjpr1 berkata...
BalasHapusEksperimen ya,Pak.? Setelah itu tahan berapa km.?
*****
Wah sudah enggak ke itung berapa km.
Udah setahun pak, dari medan bagus sampai
medan hancur (jalan ke tempat tugas).
dulu pernah coba nih.. malah sering banget.. sekitar 5-10 tambalan..
BalasHapusada yang tahan lama ada yg bocor lagi..
terpaksa dah ganti ban baru,, skrg pake cairan tambal dari dalem,,
3 bulan ga ada masalah malah ban jd agak dingin kalau dbanding sebelumnya..
@ Anonim berkata...
BalasHapusdulu pernah coba nih.. malah sering banget..
sekitar 5-10 tambalan..ada yang tahan lama ada yg bocor lagi..
terpaksa dah ganti ban baru,, skrg pake cairan tambal dari dalem,,
3 bulan ga ada masalah malah ban jd agak dingin kalau
dbanding sebelumnya..
*****
wah sering ngelindas paku yaaaa ckckckk, perlu di laporin
polisi tuch. artinya daerah agan ada yang nyebarin ranjau
paku tuch. kalau enggak itu berarti nasib agan yang selalu
apeeees wkwkwkk······.
Kalau kebanyakan bocornya cara tambalan lem super glue
enggak akan efektif sepenuhnya. jadi ada lobang yang
tahan lama, ada juga yang enggak. ngelem pake super glue
juga dapat kita pergunakan pada saat situasi genting. misalnya
pas lagi touring tiba-tiba ban motor kita kempes karena paku
dari pada dorong ke tambal ban mendingan lem aza kan.
hanya buat ban tubeless yaaa. kalau ban biasa sama aza bo'ong
qiqiqi
boleh2...
BalasHapusMtor ane msh pke clana dlm.
tubeless yg cocok buat ninja ss apa ya bro, dgn velg standarnya. Mohon pencerahannya :)
BalasHapus@ abongbonjeruk berkata...
BalasHapusboleh2...
Mtor ane msh pke clana dlm.
*****
Lebih sip malah kalau enggak pake
celana dalam gan qiqiqiii
@ crazy2ride berkata...
BalasHapustubeless yg cocok buat ninja ss apa ya bro,
dgn velg standarnya. Mohon pencerahannya :)
*******
Kalau buat ninja ss saya
gunakan ban FDR gan,,,
Belakang Pake Sport XR Evo ukuran 120/80-18 M/C 62S
depan merk juga sama tapi ukuran 110/70-17
Selama ini memuaskan koq.
biar lebih mantap bisa di tanyakan sama
rekan yang lain.
mantapp infonya kang.....
BalasHapusmantapp infonya kang.....
BalasHapus@ Nur Ansyahri berkata...
BalasHapusmantapp infonya kang.....
*****
Semoga bermanfaat ya mas bro.
@ Nur Ansyahri berkata...
BalasHapusmantapp infonya kang.....
*****
Semoga bermanfaat ya mas bro.
iyaa,, selain lem super katanya aibon pun bisa buat nutup lubang pakunya,, jalanan jakarta bener bener deehh,,
BalasHapushttp://mottobiker.wordpress.com/2012/10/05/suzuki-rilis-2013-gsx-r1000-spesial-livery-1-000-000-line-up-gsx-r/
kalau dijalanan jakarta emang perlu ban besi kaleeeee biar enggak bocor terus,, wkwkwkkkkkkkk. ranjau pakunya emaaaaang kebangetan, udah gitu enggak kelihatan. warnanya senada dengan aspal, dibakar dulu sebelum ditebarkan.
Hapusmangtaff info nya :D
BalasHapusgw udh coba cara gt dr 2 taun lalu.. Bocornya ga tanggung2 ampir 10 lubang dr mulai paku,kaca, kawat, batu dll..
BalasHapusHasilnya ada yg awet ada yg bocor lg.. Yg terlalu besar atau kecil malah lbh susah..
Akhirnya dganti tu ban, skrg pk cairan bkn merk tyr*guard..
Tinggal tunggu pas dibuka apa ky artiker si ipan apa ngak..