Laman

Pengunjung

Rabu, 19 September 2012

SUARA KNALPOT NINJA CEMPRENG




Sebuah pertanyaan yang mengawali artikel saya kali ini, mengapa
suara knalpot racing saya cempreng?. Sebuah pertanyaan yang sebenarnya
datang dari Teman saya yang juga mengendarai sebuah motor Ninja 150,
yang knalpotnya telah diganti dengan Knalpot racing yang harganya
jauh lebih mahal dengan merk terkenal dari knalpot racing yang saya
miliki saat ini.

Awalnya teman saya datang dengan penuh percaya diri, tapi setelah
mendengar suara knalpot Narjo saya yang seperti irama
GENDANG DANGDUT itu, kepercayaan diri teman saya itu pun menghilang
dibalik awan (hahaaa puisi banget enggak ya). Bukannya kenapa-kenapa sih,
hanya saja Suara yang diperdengarkan oleh Knalpotnya itu fals banget alias
cempreng yang membuat pemiliknya sendiri pun pusing 7 keliling.
Aw aw aw aw ······· ADA APA DENGAN MU?????

Menurut teman saya itu, pada awalnya suara yang diperdengarkan
oleh knalpotnya merdu, jadi siapa pun yang mendengarnya pasti
akan terpana dan merindu untuk mendengarnya lagi (wah bisa jadi
suaranya seperti Kris Dayanti kaleeee qiqiqi), tapi semuanya berubah
setelah 5 bulan pemakaian. Suara merdu itu pun perlahan-lahan
menjadi sumbang Bin CEMPREEEENG dah.

Ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena sangat mempengaruhi
kepercayaan diri sang penunggang motor. Motor bagus koq suaranya
cempreng, apa kata duniaaaaa!!!.



"Tenang bro, kelihatannya ada yang salah dalam knalpot ente, ayo kita
ke bengkel" ajak saya. Hehehee saya kan bukan mekanik jadi enggak
tahu penyebabnya, Jadi solusi yang terbaik yang saya ajukan ya
ke bengkel aza deh. Teman saya pun manggut-manggut tanda setuju.

Berangkaaaaaaat············,, kita berdua langsung pergi ke bengkel langganan,
bengkel dimana pemilik serta mekaniknya punya senyuman termanis
dibandingkan dengan bengkel-bengkel lain. Nah bila mas bro mau buka
usaha bengkel mas bro harus punya senyuman manis kalau mas bro
tidak pandai tersenyum apa lagi berwajah masam, saya jamin 100%
bengkel mas bro enggak bakalan laku. Loh loh koq jadi ngelantur
kaya gineee qiqiqi.

Sesampai di bengkel langganan kami pun langsung minta tolong sama
sang dokter alias mekanik untuk mengecek keadaan pasien yang
berwujud knalpot racing itu. Saat ditelusuri tenyata material peredam
suara di dalam silencer mulai menipis. Sehingga kemampuan
peredam berbahan glasswool yang melingkari pipa sarangan tidak
maksimal mengatur decibel suara.

Pantas saja kalau suaranya berubah jadi cempreng. Busa peredam
biasa disebut glasswool. Busa ini memang untuk meredam suara.
Tingkat kebisingannya tergantung ketebalan, kerapatan,
dan daya tahan. Jadi apabila knalpot racing motor kita mengeluarkan
suara sumbang atau cempreng itu pertanda busa peredamnya mulai
tipis sehingga untuk mendapatkan kembali suara knalpot yang merdu
maka busa peredam itu harus diganti.

Adapun penyebab glasswool menipis itu diantaranya hilang bersama
aliran sisa gas bakar yang bertekanan. Selain terdorong aliran gas buang,
material glasswool yang tidak tahan panas pun ikut terbakar saat terjadi
ledakan di ruang bakar. Makanya mas bro jangan heran kalau glasswool
yang bentuknya mirip kapas berwarna kuning atau putih jadi cepat habis.
Nah agar suara knalpot racing milik kita bisa kembali merdu dan enggak fals,
knalpot racing motor kita itu harus rajin di servis minimal 4 sampai 6 bulan
sekali. Sehingga bukan cuma suaranya enak didengar alias merdu,
performa mesin mas bro pun akan di jamin kembali sempurna karena
turbulensinya kembali seperti semula. Jadi kalau lagi Nge-Kips sensasi
yang kita rasakan bakalan sempurna. Nguuueeeeeeeeeng ··········

Untuk knalpot racing teman saya itu mekanik menyarankan glasswool
diganti pakai serat fiber. Mekanik bilang seh lebih tahan lama dari pada
glasswool biasa material fiber lebih tahan panas tapi harganya jauh lebih
mahal. Tapi, kalau dihitung nilai ekonomisnya, masih dibilang pantaslah
karena jangka waktu penggantian dan masa pakai jauh lebih lama
dibanding glasswool biasa, jadi knalpot racing kita enggak harus sering
di servis. Lalu harganya berapaan tuh? Cuma 90 ribu doang koq di luar
ongkos pasang pastinya. Karena kita termasuk pelanggan jadi dapat diskon
10 ribu, lumayanlah uangnya bisa buat ngopi-ngopi nanti.

Teman saya setuju aza sih glasswool knalpotnya diganti dengan yang
berbahan serat fiber walaupun harga belinya jauh lebih mahal jadi
sebanding pula dengan knalpot. miliknya yang bermerk mahal itu,
hahaaa ··· biar nyambung aza gitu. Mulai dari buka, bongkar, pasang,
sampai akhirnya selesai. Tugas kami berdua hanya sebagai peninjau
sekaligus pengacau WKWKWKWKKKKKKK·······. Lah bagai mana enggak
di sebut pengacau, mas mekaniknya lagi kerja kami ngajak ngobrol
serta harus menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan ikhlas
perihal glasswool tersebut. Setelah beres tanpa kurang satu apapun
akhirnya sampailah pada saat yang ditunggu-tunggu, hasilnya :

SUARA KNALPOT BAIK PADA PUTARAN MESIN RENDAH ATAU PUN PAS
DIGEBER TETAP MERDU.

Teman saya pun kembali percaya diri, dan saya juga ikut bahagia
melihat wajahnya yang cerah. "Ayo kita pergi ngopi" teman saya itu
manggut-manggut tanda setuju. Ngueeeeeeeeeng·········

17 komentar:

  1. Nguueeeng... #awas ada tetangga lagi sakit gigi..kalem,bro..

    BalasHapus
  2. @ bakulkangkungjpr1 berkata...
    Nguueeeng... #awas ada tetangga lagi sakit gigi..
    kalem,bro..
    *****
    knalpot racing ane malah senyap gan kalau jalan pelan
    anak bayi tetangga ane kagax pernah terganggu kalau
    ane lewat.
    treteng teng teng teng

    BalasHapus
  3. asal habis ngopi-ngopi, oli samping enggak ketuker sama kopi aja

    insya Allah suara tetep merdu :D

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/fungsi-leher-knalpot-hitam.html

    BalasHapus
  4. @ asal habis ngopi-ngopi, oli samping enggak ketuker
    sama kopi aja insya Allah suara tetep merdu :D
    ******
    Wkkkkkk····· saran yang mantap
    pasti kan saya turuti

    BalasHapus
  5. @ abongbonjeruk berkata...
    pakein knalpot tiger ckckck

    ******
    Enggak ah entar suaranya berubah
    jadi Bruuum bruuum bruuuum

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga mau pake knalpot tiger gw pake knalpot pespa aja om hehehehehe

      Hapus
  6. oh kalo gara² gaswol minta ganti sih gk terlalu cempreng.kecuali knalpot yang habis ciuman sama polisi tuh.. cemprengnya saingan sama bajai.. sampe² pengen didorong aja itu motor dari pada dinyalain.. solusinya dibawa ketukang kenalpot biar dibuletin lagi dibagian yg habis dicium sama polisi (polisi tidur).

    BalasHapus
  7. Emng sbnnernya bagus knlpot yg suaranya keras/halus sih. . .

    BalasHapus
  8. pake knalpot DBS atau R9 uda ok, 2 tak memang OK banget. hwhw... yg penting OLI sampingnya jangan distel boros aja

    BalasHapus
  9. Om kalo matiin superkips gmana resiko'y? Gua mau knalpot standart tapi suara garing.. Biar bising 1 lorong. Ada yg tau gak?

    BalasHapus
  10. yang mau beli mobil nissan khusus area jawa tengah, mampir lapak ane gan.. http://www.nissan.web.id

    BalasHapus

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.