Laman

Pengunjung

Senin, 03 Desember 2012

YAMAHA INDONESIA KOQ GITU SIH!!

Jujur saya sampai bingung dengan strategi yang dilakukan oleh
Yamaha Indonesia. Bisnis adalah Bisnis, tapi ingat bisnis yang
bijak itu tidak menjebak, apa lagi sampai menjebak konsumen
Loyal mu untuk MEROGOH  duit lebih dalam.

Kita sekarang mau membahas tentang produk teranyar dan
terpopuler dari Yamaha Indonesia "New Vixion". Sangat jelas
dalam ingatan saya ketika salah satu petinggi mu mengatakan
Kalau New Vixion itu adalah motor modern. Salah satu tanda
dari motor masa kini adalah ditiadakannya KICK STARTER pada
motor tersebut.


Tapi aneh bin ajaib ternyata ada dua pilihan ditawarkan oleh
Yamaha Indonesia kepada konsumennya. New Vixion yang
menggunakan electric starter yang dianggap sebagai motor
canggih  dan New Vixion yang dilengkapi dengan Kick starter
(Fitur Kuno) tapi punya harga LEBIH MAHAL, Ckckckk···········

Boss!!!! bukankah ini sebuah pemerasan bagi konsumen yang
enggak sadar bahwa dirinya diperas. Kalau tutup mesin, serta
aksesoris yang membuat New Vixion tambah chakep itu di jual
terpisah saya masih HARAP MAKLUM. Tapi kalau kick stater
yang sebenarnya BAGIAN UTUH dari New Vixion yang engkau
LEPASKAN lalu engkau pasang lagi kemudian konsumen mu
harus nambah Rp. 200.000,- itu sih KETERLALUAN!!!

Mengapa enggak KACA SPIONNYA aza sekalian dilepaskan kemudian
di jual ketika pembelian??????


Yamaha Indonesia DENGAN HORMAT saya meminta engkau tidak
melakukan itu sama konsumen mu, janganlah engkau jual lagi
tuh Kick starter padahal itu memang hak konsumenmu. Saya
kuatir Honda Indonesia Ikutan juga entar Kick Starter CB150R
turut dilepas dengan alasan kan udah ada electric starternya,
mau Kick Starter??? ini hanya aksesoris silahkan beli lagi

114 komentar:

  1. Stuju pak guru, sebaiknya ya kick starter itu masuk sepaket sama si New Vixion. Masak ya dijual terpisah sih ...

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/12/02/mesin-overheat-bikin-performa-motor-jadi-turun/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dijual ya terlalu,
      semoga Yamaha bisa Insaf

      Hapus
    2. Wow, gitu ya mas. Iya menjebak konsumen itu namanya demi meraih keuntungan semata. Dengan menyampingkan fungsi yang praktis untuk pembelinya. Harusnya sebanding dengan harga.

      Hapus
    3. taktik cara lama sebenarnya,tapi cukup menarik juga,Pabrikan sebesar YIMM yang melakukannya..

      Hapus
  2. tanpa kick starter = canggih?
    pake kick starter = kuno?

    beli kotor kuno kok lebih mahal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa···· bagian dari motor koq di jual, sekalian aza busi juga dilepas lalu di jual lagi

      Hapus
    2. hehe,,,, blunder lagi dah sama pernyataannya...

      Hapus
    3. Saya tidak mempermasahkan pernyataan tersebut.
      Yang saya mempermasahkan mengapa KICK STARTER Konsumen
      harus beli seharus itu bagian BONUS PEMBELIAN

      Hapus
  3. blunderr, haha tapi takut gak laku..wkwkw mending buat dudukan plat aja biar gak di taroh di jidat lag ya gak pak? :D

    BalasHapus
  4. sabarrr Bro Yudha,
    pengalaman saya pake Vixion th 2008-2011, sepanjang ingatan saya ga pernah pake kick starter.
    Begitu kunci on, fuel pump dan elektronik mendesing, distart langsung greng. Hujan ataupun panas.
    Beda dg saat pakai Scorpio, Tiger dll, apalagi Vespa. Kalau pagi, harus main choke, atau diengkol dlm keadaan off dulu supaya bensinnya naik.

    Saya menduga YIMM memang pada awalnya tidak berniat memasang kick starter. YIMM nampaknya terpaksa kemudian merelease versi dgn kick krn pasar merasa masih engga nyaman kalau tidak melihat kick starter (trauma kasus THunder 125). Jadi mungkin bukan krn bermaksud menipu. Set kick starter sendiri menurut, aduh blognya Bro IWB ya atau TMC, harganya diatas 500 ribu. JAdi kenaikan 200 ribupun masih agak murah kalau kita masang sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya permasalahkan bukan kick atau non kick nya pak.
      Yang saya permasalahkan mengapa Kick starter harus di jual lagi.
      Padahal bukan kah itu bagian dari motor New vixion.
      Kalau hanya tutup mesin dan aksesoris lain yang dijual
      masih saya anggap WAJAR. Lah ini kick starter.
      Bisa saja kan kalau Honda mau CB150R kick starternya juga kemarin
      di lepas Toh honda cb itu juga udah ada electric starternya.

      Hapus
    2. sudah terlihat jelas takut ga laku, cz saingan benar2 berat dg cb150r...
      makanya berani jilat ludah sendiri,bagusnya di sertakan gratis walau ga terpasang sepaket dg new vixion atw mw plih yg sudah terpasang itu lbh baik buat konsumen drpda harus nambah duit buat produk yg jd terlihat lbih kuna n ga modern...

      Hapus
  5. motor kuno lebih mahal daripada motor yang moderen

    ane ga permasalahin masalah kick stater perlu apa gak

    tapi masalah omongan yamaha yang bilang motor tanpa engkol cangih, terus jual motor yang sama dengan engkol plus harga lebih mahal, dimana mana motor cangih ya harganya lebih tinggi, ini sih bisa di bilang bukan edukasi, tapi pembodohan dengan embel embel cangih

    di tambah ngeles, dan jilat ludah sendiri, padahal dulu yamaha inovativ banget, tapi sekarang ngeles mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor modern emang udah ngga pake engkol masbro.. liat aja motor2 yg beredar diluaran. Orang Indonesia cuman masih trauma aja dengan motor harian tanpa engkol, dan Yamaha cuma berusaha menuruti keinginan konsumen yg masih trauma tersebut. Emang konsumen Indonesia aneh2. keinginannya diturutin malah dibilang jilat ludah lah, pembodohan lah, inilah itulah ... Hadeeeeh.. Ambil manfaatnya aja masbro...

      Hapus
    2. Saya tidak mempermasahkan pernyataan tersebut.
      Yang saya mempermasahkan mengapa KICK STARTER
      Konsumen harus beli seharus itu bagian BONUS PEMBELIAN.

      Hapus
    3. ga ada yg gratis bro....apalagi bonus....dulu kunci ganda di motor bebek aja dibilang bonus padahal, harganya dah masuk ke harga motor. kredit dibilang aja potongan cicilan padahal besaran cicilan naik......see......apalagi ini satu set kick stater dgn harganya 560rb (TMCBlog)
      coba cek dulu waktu thunder 125 tanpa kick stater dgn kemudian pakai kick stater adakah harganya sama?
      Cek juga ketika satria FU tanpa elektrik stater (2005) dgn kemudian pakai elektrik stater, apakah harga sama? (kalo jawabannya beda tahun, apakah kalo dikeluarkan dlm tahun yg sama, harga akan sama?).
      sekali lagi ga ada yg gratis bro.....

      Hapus
    4. Untuk itulah maka kita harus memperjuangkan
      Hak konsumen Indonesia khususnya sepeda motor.
      Apapun perusahaannya baik Honda Yamaha Kawasaki Suzuki dll
      hak konsumen itu di beri bukan malah suatu yang hak malah di jual.

      Hapus
    5. ooooo, jadi adanya kick stater karena nurutin konsumen. berarti new vixion masalah plat nomor ada 2 pilihan juga, plat nomor dijidat DAN plat nomor dibawah!. kan nurutin konsumen,,,,,!

      Hapus
    6. sedikit menterjemahkan maksud mas yudha, bahwa Yamaha sedikit terlihat mempermainkan konsumen dengan memasang lagi kick starter plus banderol tambahan, cmiiw. Seharusnya YMII tetap komitmen saja dengan non-kick starternya, toh itu sebagai bagian edukasi pasar bahwa kick starter telah tergantikan sepenuhnya dengan electric starter. Nantinya konsumen akan sadar sendirinya bahwa apa yang dijanjikan YMII dengan teknologi kelistrikan terbaru pada New Vixion membuat konsumen tidak perlu lagi mengkawatirkan nihilnya kick starter pada motornya.

      Hapus
    7. TERIMA KASIH SUDAH MENJELASKAN.
      Intinya Apapun PERUSAHAANNYA harus PEDE
      dengan Produk yang mereka KELUARKAN.
      jangan setengah-setengah
      Kalau emang electrik starter mengapa harus ada yang pake engkolan
      kalau emang ada engkolan Ya BONUS dong, anggap aza itu
      ungkapan terima kasih buat yang BELI produk kita.
      Helm dan jaket aza BERANI di bonusin sedangkan
      kedua barang tersebut jarang banget di pakai.
      contohnya aza Helm Ninja saya sampai berdebu di gudang
      entah kapan saya memakainya.

      Hapus
  6. setubuh bgt gan.... kalo emang mau kasih pilihan varian pake kick starter ato gak pake ya silakan, tapi jgn malah dimahalin motor kunonya....

    BalasHapus
  7. new v-ixion lightning SPE (Spesial Pake Engkol)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya engkol itu disertakan dalam paket pembelian. hanya saja opsinya pembeli bisa langsung meminta untuk disangkan atau tidak. mirip2 slebor tambahan belakangnya byson, itu kan ada 2 (punyaku sih) dan bisa copot pasang.

      Hapus
  8. buset dah......

    biar kesannya jelek gitu yah......
    hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat Bos!!! NV bukan dilempar untuk PERKOTAAN saja
      tapi juga untuk di daerah.
      Silahkan anda CEK sama Bos Yamaha KALBAR
      Vixion itu bukan hanya ada di Pontianak
      tapi juga ada di Senaning dan Badau.
      INGAT pula masalah ELECTRIC STARTER bukan hanya
      pada AKI SOAK semata tapi bisa jadi karena
      ada kabel putus di gigit tikus misalnya (qiqiqi)
      Anda mau KAMI YANG DI DAERAH harus DORONG
      berkilo-kilo meter di jalan yang kiri kanan hutan banyak KUNTILANAKNYA.
      padahal masalahnya sepele banget.
      Ok lah kalau Yamaha di pulau Jawa enggak mau
      saya harap Yamaha KALBAR bisa mengambil kebijaksanaan khusus
      BAGAIMANAPUN juga KALBAR merupakan salah satu BASIS UTAMA
      penjualan Yamaha di Indonesia. ENGGAK PERCAYA?????
      Ngapain NOAH konser PERTAMANYA bersama Yamaha itu
      di Kalbar bukan di Jakarta atau kota-kota lain di pulau JAWA
      itu BUKTI yang jelas Kan bahwa Kalbar termasuk Istimewa di
      MATA yamaha Indonesia

      Hapus
    2. bujug deh....

      gimana kita kalau kata2 juragan di balik " VL bukan di lempar untuk daerah saja atau kalimantan saja, tapi juga perkotaan yang (mungkin) gak butuh kick starter itu...

      klo yang di kalimantan sana pengennya pake kick starter semua yo monggo, beli yang ada kick starternya...
      klo yang di jawa sono pengennya yang gak pake kick starter yo monggo beli yang tidak ada kick starternya, dan karena gak ada kick starternya maka yang di jawa sono berhak lebih murah 200 rebu....

      jadi harga VL (utuh) yang ada Kick starter yang sampean coba jadikan patokan.... 22,44 juta.

      Hapus
    3. Mengapa ada versi kick starter di sediakan.
      Karena yamaha BELUM YAKIN 100%
      Kalau Electric starter utuh dapat berjalan secara sempurna
      untuk lebih JELASNYA kita lihat SETAHUN DUA TAHUN dari sekarang
      yang beli New Vixion yang Electrik starter aza semoga enggak
      ada masalah

      Hapus
  9. @ juragan

    bukankah ini sebuah pemerasan bagi konsumen yang
    enggak sadar bahwa dirinya diperas. Kalau tutup mesin, serta
    aksesoris yang membuat New Vixion tambah chakep itu di jual
    terpisah saya masih HARAP MAKLUM. Tapi kalau kick stater
    yang sebenarnya BAGIAN UTUH dari New Vixion yang engkau
    LEPASKAN lalu engkau pasang lagi kemudian konsumen mu
    harus nambah Rp. 200.000,- itu sih KETERLALUAN!!!
    ==============================================

    hahahahaha......
    lucu bos....., emang siapa yang bilang kick starter itu BAGIAN UTUH dari vixi yang di lepas dan kemudian di pasang lagi dengan nambah 200 ribu...??????

    kenapa lihatnya gak simpel aja..?? vixion yang utuh (ada kick starter) itu harganya 22,44 juta..., dilepas kick starternya (jadi gak utuh menurut versi anda) jadi lebih murah 200 rb dari versi yang utuh...

    ada konsumen yang merasa tidak perlu dengan kick starter..., untuk apa konsumen itu bayar lebih mahal (karena harus ikut menebus harga kick starter)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kick starter untuk New Vixion itu AKSESORIS yaaa????

      Hapus
    2. jadi part optional....
      mau pake kick starter silahkan pilih yang ada engkolnya... harga 22,44 juta...
      klo merasa gak butuh kick starter, silahkan pilih yang gak ada kick starternya... harganya 22,24 juta...

      gitu aja koq repot....

      Hapus
    3. Repot sedikit demi kepuasan konsumen enggak masalah bos

      Hapus
  10. klo dilihat2 sih sebenarnya yang juragan warung permasalahkan itu adalah kenapa ada pilihan "dengan dan tanpa" kick starter....
    betul gak..??
    gimana klo semuanya pake kick starter dan di banderol sama dengan yang ada kick starternya sekarang ini (22,44jt)..?? apakah masih ada yang protes..??

    sementara itu ada konsumen yang merasa tidak butuh kick starter, kenapa konsumen itu harus bayar 22,44 juta..??
    jadi wajar lah konsumen itu bayar lebih murah 200 ribu karena kick starter di motor yang dia beli di lepas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban seperti inilah yang membuat hati saya lebih ADEM
      alasannya pun ngepas pula.
      Berharap kalau semua motor yamaha yang ada kick starter
      seperti layaknya New Vixion ya lebih baik ditiadakan saja
      Karena harganya BISA LEBIH MURAH.

      Hapus
    2. Tapi alangkah baiknya kick starter itu di jadikan BONUS.

      Hapus
  11. intinya motor tanpa kick starter itu spekdown.
    mau ngeles canggih...??
    buktinya yg pake kick starter dijual lebih mahal kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkkk···supra fit kalau dilepas kick starternya jadi canggih pula loooh

      Hapus
  12. klo engkolnya gak usah dipasang gimana? maksudnya gini, kita beli yang pake engkol 22,44jt tp engkol set-nya masih utuh(alias gak di pasang) dan bisa dibawa pulang... trus seandainya kita jual lagi laku mahal gak ya?? :P pan, katanya satu set engkol harganya 500rb-an....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toh sebenarnya New Vixion itu TERCIPTA berserta engkolannya kan.
      KECANGGIHAN suatu motor bagi saya bukan hanya ada kick starter atau enggaknya.
      Tapi fitur lain yang menyertai motor tersebut, contohnya Rem ABS.
      Masalah Engkolan pada New Vixion mau di pakai atau enggak ya tergantung
      Konsumen dong, mana tau pada KEADAAN TERTENTU engkolan tersebut diperlukan,
      Saya MALAH ANGKAT JEMPOL buat Yamaha yang ternyata mau MENGALAH
      (adanya kick starter pada NV) itu berarti Yamaha MAU MENDENGARKAN
      masukan dari KONSUMENNYA.
      yang saya sesalkan mengapa harus BELI, yang benar itu BERI.
      PENGEMARNYA aza banyak BERKOAR-BERKOAR membela Yamaha
      sekarang GANTIAN yamaha yang memberi kejutan buat Penggemarnya
      Beli New Vixion Bonus Kick starter (mau pasang mau enggak ya urusan fan boynya dong)
      Saya harap YAMAHA INDONESIA mengerti akan hal ini.

      Hapus
    2. Beli yang pake engkol emang lebih mahal
      TAPI PERCAYALAH harga bekasnya sama saja
      dengan yg pake electrik

      Hapus
  13. Vega-ku gak pake engkol juga gan, (ikut canggih gak ya?)
    sejak umur motor 6 bln engkolaku lepas, karna nyangkut ke underbone :)
    kalo nyalain tinggal pencet tombol elektrik, kalo ngambek ya tinggal dorong "Bruuummm.."
    maklum KOMOROD (Korban Motor RoadRace) xixixixi..

    -Salam Kenal-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah mampir dan meninggalkan jejak
      silahkan muter-muter di artikel saya yang lain.
      Salam kenal dan persahabatan gan!!!

      Hapus
  14. Intinya yimm itu blunder, kenapa ? :
    - New vixion pake acara gak ada kick starter
    - petinggi yimm pake ngeluarin statement bahwa tanpa kick starter itu expert ... (...preettt)
    - setelah dua hal diatas ternyata ada new vixion dengan kick starter (saya gak masalah soal harganya)
    - Headlamp, speedo dan letak nopol depannya itu loh....Weeeww (sorry melenceng dari kick start)

    akan lebih sopan jika yimm brlaku seperti ini:
    + new vixion dari awal ada kick starter aja deh, motor naked ini juga, masak lupa saat memboyong byson dari India kesini.
    + gak perlu ada statement no kick start is prett kaan....
    + launch new vixion full fairing tanpa kick starter, kalau habis ngerjain ini boleh deh ngomong no kick starter itu expert ^^
    + saat begadang menyelesaikan desain motor baru, jangan minum minuman keras, secangkir kopi panas itu lebih baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau BLUNDER apa ENGGAK saya enggak peduli.
      yang saya pedulikan adalah nasib Konsumen Indonesia (dalam hal ini Konsumen Yamaha)
      yang harus merogoh kocek lebih dalam untuk suatu barang yang merupakan haknya.
      Yang paling saya sedih adalah FBY selalu berkoar-berkoar serta membela,
      tapi sayang pembelaannya itu bukan membuat Yamaha MAJU malah membuat JATUH.
      Saya mau ingatkan kepada Yamaha Indonesia bahwa New Vixion
      bukan hanya di jual di perkotaan atau di jawa doang.
      New Vixion itu bakalan jadi MOTOR SEJUTA UMAT.
      jadi masalah kecil dan sepele seperti KICK STARTER itu jangan PERNAH di abaikan.
      IKLAN YANG PALING PENTING DAN PALING EFEKTIF bukanlah iklan di tivi,
      di blog, tapi dari MULUT ke MULUT

      Hapus
  15. kata orang ngengkol itu lebih laki bro

    BalasHapus
  16. sabar bro..
    biar lebih adem, yuk kita lihat dr sisi berbeda..
    ane coba jelasin dgn bahasa sederhana. gini.. new vixion adalah produk terbaru. tentu dgn inovasi dan pengembangan baru pula. bahasa awamnya, lebih "canggih". karena itu sekarang pengguna vixion gak perlu khawatir lagi. tanpa engkol pun, mesin dapat hidup tanpa kendala. yamaha menjamin hal ini hingga berani melepas engkol. hal yg sama saat saya meminang ninja 250 fi yg tentu tanpa kick starter, saya gak khawatir klo susah ngidupin mesin suatu saat nanti. hal ini pula yg ingin "ditularkan" yamaha.
    tapi.. ternyata memang gak gampang mengedukasi masyarakat. masih ada saja yg mempertanyakan masalah kick starter di new vixion. so, yamaha mendengar hal ini dan menyediakan opsi engkol tambahan bagi mereka yg masih khawatir (paling nggak buat jaga2).
    tentu part opsional ini harus ditebus layaknya part/aksesoris lain. klo dirasa mahal, ya gak usah dipasang.. toh gak terlalu diperlukan ;)
    jadi, engkol tidak lagi jadi bagian dr vixion, melainkan sudah masuk part opsional.
    klo engkolan harus jadi bonus wajib, saya mau juga donk single seater sama smoke windshield jadi bonus wajib buat ninin 250 saya, hehe.. ;p
    semoga menenangkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak paham2 juga sih juragan ini kayaknya.....

      Hapus
    2. klo ngeliatnya secara utuh begitu (yg dipasang engkol lebih mahal dr yg canggih) ya susah bro.. makanya saya ajak utk liat dr sisi berbeda.
      satu contoh lagi deh.. motor bebek tanpa kopling itu lebih canggih sebenarnya. tapi kenapa yg pake kopling bisa lebih mahal? ini soal PART TAMBAHAN yg tentu perlu extra cost.. sekali lagi, part tambahan ;)
      semoga menenangkan..

      Hapus
    3. Hahahahaaa bonus dong
      saya yakin YANG BELI NEW VIXION
      setuju kalau KICK STARTER itu di jadikan BONUS TAMBAHAN.
      Paling tidak harga ya sama saja.

      Hapus
    4. ya kalau maunya tetap seperti itu (engkol jd part wajib), mudah2an kembali didengarkan oleh pihak YIMM. saya sudah coba jelaskan kondisinya seperti di atas :)

      Hapus
    5. Saya yakin Pembeli New Vixion akan senang hati menerima bonus ini.

      Hapus
    6. bloger nya kurang cerdas, gak ngerti- ngerti... hedeuuhhh CPD.

      Hapus
  17. salam kenal bro ...
    seharusnya YMH bikin 2 versi dari awalnya, jadi ga akan ada perdebatan...
    kalo masalah kuno lebih mahal ya kan KUNO = ANTIK,
    barang antik yang nyari kolektor jadi harganya lebih mahal hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor kuno lebih mahal karena antik,
      alasannya dapat diterima daaaah
      qiqiqii

      Hapus
  18. Disain NV memang dari ide pertama kertas kosong sampe jadi memang dirancang tidak pake engkol termasuk estimasi harga jualnya kelak, kalo sekarang dikasi opsi pake engkol (krn tuntutan dri orang2 yg blm tentu mau beli dan sy yakin memang tidak akan beli)yaaa hrs ditebus dengan beberapa lembar ratusan ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang yakin yang pake electrik starter tidak akan menuai masalah,
      kalau yakin ya ambil saja, kan harganya lebih murah

      Hapus
  19. Setuju mas
    saya melihat ketidak konsistenan yamaha
    kalau mau tanpa kick starter ya sudah terapkan. Tentunya yamaha harus siap dgr omelan konsumen kalau misal suatu saat ada misproduk utk stater tangannya.
    Ini pula yg masuk ke mindset masyarakat karena model yg diperkenalkan saat JMCS kemarin tanpa engkol dan di klaim motor "canggih" oleh pihak humas yamaha. Yup himas yamaha indonesia bikan humasnya dealer. So mindset benar2 telah diset.

    Nah sekarang tiba2 ada opsi kenaikan harga utk yg isi engkol kan mindset masyarakat berubah. Lho nambah engkol kok mahal banget. Lain cerita waktu dilaunching pake engkol. Lalu dijualnya ada opsi tanpa engkol. Pasti mas yudha ga akan komplain. Bener ga mas?
    ---
    www.dk8000.co.nr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya Engkolan itu jangan di JUAL tapi di BERI.
      btw Jupiter Z1 bisa lebih murah dari sekarang kalau
      ENGKOLAN juga di tiadakan???
      Toh engkolan tu motor jarang di pakai kan.

      Hapus
    2. Sebenarnya banyak yang komplain, tapi sayangnya
      yang mau komplain enggak punya bloq. Qiqiqi

      Hapus
  20. saya ras memang masih wajar, itu artinya yamaha juga mau mendengar teriakan konsumennya..

    1. dari awal memang mau jual tanpa kick strater (seperti yzf-R15).
    2. Tetapi karena banyak konsumen yang teriak masih ada yg butuh kick strater (karena masih parno akan klo mogok bagaimana). maka yang dijual ada yg pakai ada yg tidak.
    3. dijuaal bukan dibagikan layaknya bonus (ingat spakbor byson??? asli (lahir dari india) punya spakbor pendek, tpi YamahaIndonesia kasih spakbro panjang optional karena tinggal PnP, beda dengan kick starter yang harus bingkar mesin, lagian kick starter 200ribu itu sudah bonus bos...sudah diberikan subsidi, coba bos cek di website sparepart yamaha, kick starter vixion bisa ditebus 500ribu!...

    so yamaha sudah cukup mendengar konsumennya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaai sudah bonus yaaa.
      Btw kick starter New Vixion sama PERCIS enggak dengan yang Old vixion
      KALAU SAMA ini berarti HANYA BUAT NGABISIN BARANG SISA
      ckckckckck WAJAR DONG kalau di subsidi dari pada di buang ya di jual
      KWKWKWKKWKWKKK······ Benar enggak gan???????

      Hapus
  21. gan....yamaha tu ga berani melawan mindset konsumen yg rata-rata masih beranggapan bahwa tanpa kickstarter itu riskan,makanya dikasih 2 opsi.
    untuk alasan tanpa kick lebih canggih,berdasarkan yg pernah saya baca spul pengisian aki lebih bagus dari biasanya.sedangkan yg pakai kick,PERCAYALAH kalo part tsb sama dengan yg non kick.
    kenapa harga lebih mahal?ya untuk nebus material dan ongkos-ongkos lain donk....ternyata bener kata roy (kalo g salah)dulu,kalo pengen pake kick tambah 200ribu beres,ternyata tepat sekali!
    coba kalo kita maksa bikin sendiri,cukupkah uang 200rb itu?
    seharusnya kita2 justru mengapresiasi langkah yamaha yg mau dengar jeritan konsumen kali ini,secara di blog2 motor non kick dianggap suatu kelemahan,jangan justru menghujat ini itu.mohon untuk lebih bijak dalam memandang sesuatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat sendiri????
      Apa guna kick stater old vision yang bejibun di gudang yamaha itu.
      Oppppsss Saya Lupa itu kan di jual lagi
      kwkwkwk···· Kasihan banget yaaa konsumen motor Indonesia
      dapat barang CUCI GUDANG.

      Hapus
    2. haha...ga bakal ada kali bro konsumen yg mau bikin sendri
      btw stok kickstarter vixy di gudang ada brp sih?jadi penasaran ni...
      kalo pengen ngabisin stok dgn dijual ya wajar lah namanya jg jualan

      Hapus
  22. wkwkwk... intinya ini strategi yang agak cacat dari YIMM, mungkin manajemennya skrg lagi dimarahin big bozz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau memang seperti itu kejadiannya
      saya MOHON MAAF SEBESAR-BESAR pada pihak
      yang kena marah itu AKIBAT terbitnya artikel ini
      Wkwkwkwkkk·····

      Hapus
  23. buat Kick starter pada New Vixion akhirnya saya dapat
    dua kesimpulan :

    1. Yamaha Indonesia telah mau membuka mata membuka telinga
    akan suara konsumennya. Top Markotop dah Yamaha Indonesia,
    untuk ini saya ANGKAT JEMPOL TINGGI- TINGGI.

    2. Selain mendengar suara konsumen, PEMBERIAN kick starter
    pada New Vixion (bukan beri tapi jual) merupakan cara untuk
    menghabiskan Part Old Vixion yang masih melimpah ruah
    di gudang produksi yamaha (Cuci Gudang). Jadi Wajar Kick starter
    Rp. 200.000- dari HARGA SEBENARNYA Rp. 500.000.- Dari pada
    berkarat mendingan di jual dengan harga murah namanya aza
    STOCK SISA jadi enggak boleh di jual mahal. Konsumen senang
    Perusahaan Untung. Dari pada diberi percuma mendingan di
    Jual murah walaupun hal tersebut Bertentangan dengan
    pernyataan mereka sendiri bahwa MOTOR MODERN ITU
    TANPA KICK STARTER. (akhirnya hal ini saya maklumi namanya
    dagang memang mencari keuntungan walaupun kecil).

    BalasHapus
  24. Inti nya dgn harga yg sama dgn tanpa kick starter, konsumen dpt pilihan mau yg pakai apa tidak. Jadi tidak ada biaya tambahan lain nya. Gt kan om. Hehehe

    BalasHapus
  25. Tumben FB yg merasa smart gak nongol dimari...
    padahal di blog-blog lain berceceran tuh nyampahnya..

    tanya, kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena isi blog ini memperjuangkan nasib Konsumen Indonesia boss!!!

      Hapus
  26. sebenernya kick starter gak perlu dipasang untuk motor injeksi, kalo aki mati ya udah ganti aja, kalopun ada kick tapi aki mati memang sih bisa hidup dengan dikick, walaupun banyak kejadian walau dikick tetep aja bakal mati alias percuma, walau nyala tapi gak normal dan tegangan dari spul malah membahayakan ECU. yg jatohnya kalo sampe ganti ECU ya bayangin aja harganya.

    BalasHapus
  27. oya,jika yang dipermasalahkan adalah kata-kata petinggi yamaha yg bilang tanpa kickstarter itu lebih canggih ya emang bener,sperti yg ditulis wak haji taufik
    "Padahal yamaha sendiri telah melakukan improve di bagian kelistrikannya berupa pemberlakukan sistem pengisian kelistrikannya menggunakan ACDC generator yang memiliki fungsi cut off. Sistem ini memungkinkan Aki yang sudah terisi penuh akan terhenti pasokan listriknya sehingga aki akan lebih awet."
    nah lebih andvance kan?dan mari besok kita buktikan bersama-sama kalo yg kick dan non dalemannya sama persis ga.
    back to kata-kata petinggi yamaha tadi,kalo saya sih lebih memaknai itu sebagai kata-kata promosi (iklan) yg emang dari sononya lebay tp harus jujur.lebay seperti kalo di media cetak harus ada tanda * kecilnya,jujur karena (jika terbukti benar) mengaplikasikan ACDC generator cut off tsb yg nyatanya lebih maju dibanding generasi old vixi dan mungkin motor-motor lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seorang pemimpin harus hati-hati dalam BICARA
      karena setiap kata yang keluar dari mulutnya
      bisa membuat untung atau malah bisa merugikan
      perusahaannya.
      Yuuipss untuk kali Petinggi Yamaha Indonesia
      salah besar

      Hapus
  28. buat Kick starter pada New Vixion akhirnya saya dapat dua kesimpulan :

    1. Yamaha Indonesia telah mau membuka mata membuka telinga akan suara konsumennya.
    Top Markotop dah Yamaha Indonesia, untuk ini saya ANGKAT JEMPOL TINGGI- TINGGI.

    2. Selain mendengar suara konsumen, PEMBERIAN kick starter pada New Vixion (bukan beri tapi jual)
    merupakan cara untuk menghabiskan Part Old Vixion yang masih melimpah ruah di gudang p
    roduksi yamaha (Cuci Gudang). Jadi Wajar Kick starter Rp. 200.000- dari HARGA SEBENARNYA Rp. 500.000.
    - Dari pada berkarat mendingan di jual dengan harga murah namanya aza STOCK SISA jadi enggak boleh di jual mahal.
    Konsumen senang Perusahaan Untung. Dari pada diberi percuma mendingan di Jual murah walaupun hal tersebut
    Bertentangan dengan pernyataan mereka sendiri bahwa MOTOR MODERN ITU TANPA KICK STARTER.
    (akhirnya hal ini saya maklumi namanya dagang memang mencari keuntungan walaupun kecil).

    BalasHapus
  29. Gakpapa lah, harga naik 200rb, sebenarnya harga OTR yg direncanakan sdh merupakan efisiensi yaitu sebesar 200rb. Sehubungan dgn keinginan masyarakat yg ingin tetap ada kick starter ya wajarlah kalo harganya naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo otak ditaroh di dengkul ya apa-apa gak bisa terima, negativ melulu..
      planing awalnya kan tanpa Kick, otomatis cost produksinya berkurang, efeknya yamaha bisa tekan kenaikan harga.
      eh, taunya dadakan pada minta nambah kick , ya udh dikasi, tapi karena itungan awal itu udah masuk efisiensi untuk nekan kenaikan harga, ya mau gak mau di tambahin.
      mosoookkk pabrikan kudu nombok??
      lagian coba pikir, dengan 2 opsi ini yamah malah berat di distribusi, kerja repot, gak sebanding dengan alasan "cuci gudang".
      tanpa cuci gudang pun tu barang bisa jadi spare part kok !

      Hapus
  30. Semua minggir biar saya yg komentar.. ƗƗaƗƗaƗƗa

    Sebenarnya YIMM tdk PD dgn NV (versi Canggih) karna versi Canggih blum 100% terbukti kecanggihannya untuk bbrp bulan / thn kedepan, untuk menjaga2 terpaksa YIMM menjilat ludah sendiri dgn merelease versi Kuno, jika suatu saat konsumen mengeluh ke Versi Canggih, YIMM akan berkata : "ada harga ada rupa!!"

    Semoga Paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuusss, ada yang tersinggung nanti sobaat.

      Hapus
  31. maaf bro, buat pencerahan aja nih, mungkin maksud YIMM begni bro "Gak pke engkol itu sebenarnya gak masalah, toh kalo aki tekor pun, mesin jg gapada motor injeksi saat aki tekor ente idupin pake kickstarter pun gak bakalan nyala, inget kinerja ecu sangat bergantung pada pasokan arus listrik dari aki, nah kl konsumen masih tetep pngen pke kick stater, yudh nambah 500 rb, gak ada pengusaha yg mw rugi boss, lagian cbr 150 aja gak pke engkol, gak ada yg bekoar-koar minta bonus engkol, karena apa? karena mereka sudah cerdas (dlm hal otomotif)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya deeeh enggak semua orang secerdas sobat.

      Hapus
  32. sisa part engkolan old vixi di gudang yamaha masih berapa sih?ada yg tau persis????

    kira-kira cukup ya buat dipasang di nvl yg pake engkolan?trus nvl engkol kira-kira mau diproduksi berapa ribu unit?
    old vixi kapan almarhum?

    :maaf sedikit ngeyel coz bener-bener penasaran sama analisa cuci gudangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar bulan juni 2013 old vixion di wafatkan sobat,
      kalau penasaran dengan strategi cuci gudangnya mendingan sobat
      hubungi langsung Pak Eko bos Yamaha. Sobat pasti ada nomernya bukan???

      Hapus
    2. maaf pak guru....saya hanya konsumen biasa jadi ga tau dan g kenal sama petinggi kaya gitu.yg penting tinggal menikmati aja.
      dan yg paling penting saya bukan fb dan sejenisnya,saya berani jamin hehe

      Hapus
    3. Sukurlah, hati saya udah deg-degkan ne sobat
      saya kira anda salah satu utusan mereka
      kalau dikirim buat kasi hadiah motor New Vixion
      Karena udah ngasi masukan ya saya senang aza
      tapi kalau buat bonyokin saya di dunia maya
      lebih baik saya kabuuuuur duluuu ach
      hahahaaaaa

      Hapus
    4. hahaha...pak guru ini ada-ada saja.saya seneng komen di blog ini karena yg punya pasti ngasih balasan sehingga terjadi interaksi antara pemilik dan pengunjung dan akhirnya bisa bertukar pikiran dan pendapat. mohon maaf kalo ada salah-salah kata.....peace ya bro

      Hapus
    5. Saya juga senang karena sobat juga main-main ke warung saya ini.
      Jangan lupa ya sobat buat nikmatin kopi panas yang lain

      Hapus
  33. *Menjelaskan tentang aki aja...
    Tegangan untuk ECU dengan Elec. Starter beda boss. . .
    (bayangin klo ente pas mo brangkat ngantor,,dan tuh aki udah kga kuat lagi buat MUTER dinamo 'elektrik starter' ... namun buat kebutuhan ECU masih cukup) apa ga uring2an musti ngdorong motor biar idup??,,klo ada 'kick starter' kan masih bisa tenang [pulang kerja baru deh ganti tuh aki]

    #ingat, aki tidak langsung mati...tapi juga melewati masa sekaratt

    "jangan lagi ada yang bandingin dengan MOGE, klo aki dia sekarat ya mesti beli 'via delivery' ... klo ada kick starter??kaki siapa mau ngengkol tuh 4silinder (jangankan 4, 2silinder aja dijamin gempor kaki)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap sekali penjelasan sobat ini
      tapi mungkinkah para fby akan mengerti.
      Persoalannya bukan hanya saja soal soaknya aza
      tapi dikuatirkan kalau kabelnya tu elektric ada masalah.
      Akhiiirnyaaa dorrrooooong deh

      Hapus
    2. haha...kalo ngengkol moge kaki arnold pun mungkin ga kuat bro.tp ada lho cc kecil ga pake engkol dan termasuk kelas premium dan itu adalah cbr150 yg kuenceng.....mungkin yg dimaksud itu pak bro

      Hapus
    3. Tapi sistem ngengkol gini ada hikmahnya
      biar enggak seperti Salman Khan
      Bahu aza yang gede, tapi betis kagax
      hehehee

      Hapus
  34. SEBETULNYA ITU ADALAH AKAL BUSUKNYA YAMAHO UNTUK MEMERAS KONSUMNYA YANG KOLOT! GIMANA TIDAK KICK STARTER, COVER ENGINE,SPION DI JUAL TERPISAH UNTUK MENAMBAH UNTUNG YAMAHO?? DAN ANEHNYA KONSUMENYA MAU DI GITUIN!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuuusss enggak boleh kasar gtu sobat.
      caci maki enggak akan menyelesaikan masalah

      Hapus
  35. waduuuuh...
    sekejam itukah yamaha kepada konsumennya ? :(
    tapi kalo Honda si ga mungkin yaa ngelakuin hal itu
    #jangan sampai terjadi lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmm···· Pernyataan CB150R enggak masalah minum Premium itu
      MASIH SAYA RAGUKAN ya sobat

      Hapus
  36. jujur ane dulu pengguna vega r dan jupiter mx

    design dan harga bikin tertarik.

    namun sekarang yamaha mengecewakan, harga mahal, inovasi kurang, dan kurang peka sama konsumen negara ini.

    marketingnya lebih perhatian sama thailand dan india.

    lah disini malah ga dianggap, padahal yang ane tau penjualannya cukup besar.

    ya sudahlah, berhubung motor yang ane butuhkan tidak ada di yamaha kepaksa pake honda, karena ane butuh bagasi bukan kebut-kebutannya.

    kalo pemikiran dan sistemnya ga berubah ane rasa kalo market share nya tahun 2013 sampe 20% atau kebawahnya ga usah heran deh, tinggal gulung tiker aja ini yamaha indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh
      jadi ceritanya sobat
      PINDAH KE LAIN HATI YAA???

      Hapus
  37. wahh maaf deh jadi ikutan...
    menurut gw pilihan ditangan kalian smua..
    jgn hanya liat yg hilang,trus ada lagi.. tapi lihat juga yang dulu ga ada jadi ada...
    misalnya : chakram belakang, spidometer digital, ban udah tubles,
    perbandingan dgn vixion sblm nya 1jt
    sbenernya bukan masalah perusahaan PEDE atau ga PEDE sih... itukan permintaan konsumen..
    mungkin untuk kedepan nya ketika vixion non engkol ini sudah dipercaya.. bakal ga di luncurkan lagi produk yg ber engkol..
    karna ketakutan konsumen yang sering di utarakan "Kalo aki soak piye…kalo motor mogok kepriben…kalo dinamo rusak dokrema??”
    dan kalau kalian yang jualan gimana?
    jualan pempek.. yang ada hanya pempek panjang..
    konsumen bnyk minta pempek bulet..
    tetep jualan pempek panjang walaupun rasanya sama enak?
    atau buatin pempek bulet juga?
    dan nantinya pasti dua-dua nya dimakan

    dan sbenernya kalo lihat yang beda varian gini sudah sering juga kok..
    contohnya mobil.. mengapa di buat berbeda tipe..
    misalnya mobil ERTIGA
    punya 3 tipe
    GA GL Gx
    tipe GA GL dan GX sama2 manual tapi kok dibedain..?
    nah disini pelanggan yang suka2.. mwnya yg gimana..
    tipe GA Rp.140jt, GL Rp.155jt dan GX Rp.167jt
    harga pun jauh beda
    bukan bermaksud promosi
    tapi sekedar memberi tanggapan


    terkadang kita hanya melihat kesalahan dari seorang tanpa melihat apa kebenaran yang ada dibelakangnya..

    siapapun boleh berpendapat.
    yg buat posting, yang komentar, apapun pendapat mereka. ya itu benar menurut mereka..
    dan itu smua perlu di hargai.. seperti kamu ingin pendapatmu dihargai..
    thx

    BalasHapus
  38. yang punya blog agak telmi ( telat mikir ) kali ea.... bisa dibilang agak egois juga....

    BalasHapus

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.