Salam Superkips,,,,
Di jaman era pemaksaan penerapan
motor bermesin injeksi di Indonesia (sudah banyak tercuci otaknya kalau motor
yang lulus euro 3 itu wajib injeksi, sehingga motor berkarburator apalagi yang
masih bermesin 2tak itu harus di singkirkan) ternyata masih banyak orang yang masih
menginginkan kalau Kawasaki ninja 2tak tersebut menjadi tunggangannya. Silahkan
main ke dealer Kawasaki terdekat, motor yang paling laku bukan motor bebeknya tapi
motor sport 150cc yang 2tak itu,,yuuuups….. Kawasaki ninja R dan RR tetap saja
menjadi salah satu motor terfavorit di kalangan konsumen motor Indonesia.
Kalau kita bicara masalah mesin
tidak ada lagi perbedaan antara Kawasaki Ninja R dan RR kecuali ukuran dan merk
karbu yang di pakai, apa lagi sekarang Kawasaki Ninja R sudah di lengkapi
dengan Superkips,, kedua motor di segani di jalan raya. Sampai saat ini KMI masih
mengandalkan versi 2-tak yang penjualannya hingga kini cukup laris. Mereka masih
tetap fokus pada Ninja 150 series 2-tak sampai regulasi Euro 3 keluar.
Bagaimana kalau Euro 3 nanti di
berlakukan??? Kemungkinan besar Kawasaki Ninja 2tak tersebut akan di matikan. Bagi
para pecinta kecepatan hal tersebut sangatlah di sayangkan. Tapi Kawasaki Ninja
R dan RR tak akan distop produksinya apa bila KMI (Kawasaki Motor Indonesia)
mau mencari inovasi baru yang bisa membuat Kawasaki Ninja 2 tak tersebut lulus
standar Euro 3. Hanya satu langkah saja sebenarnya, bukankah dengan knalpot
yang mempunyai catalic converter akhirnya Ninja 2 tak itu lulus Euro 2.
Saya bukan ahli permesinan jadi
kalau ada yang salah harap di betulkan ya sobat!!! Kita bicara tentang motor
KBP200NS,, motor produksi Bajaj itu lulus Euro 2 padahal knalpotnya tidak
menggunakan catalic converter, kalaupun ada hanya seupil doang koq jadi tidak
berpengaruh banyak atas regulasi Euro 2. Menurut saya pribadi factor utama penyebab
KBP200NS ini bisa lulus Euro 2 adalah penerapan teknologi 3 busi yang
dianutnya. Dengan menggunakan penerapan tiga busi bukan hanya untuk penunjang
performa pada KBP200NS saja, namun 3 busi juga membuat pembakaran yang makin
lebih efisien, dapat meningkatkan kinerja mesin dan mengurangi emisi.
Saya hanya berandai-andai, entah
benar atau tidak. Andai saja Kawasaki mau berkerja sama dengan Bajaj dalam
memuluskan perjalanan Kawasaki ninja 2tak untuk lulus Euro 3. Bisa jadi mungkin
loh, andai kata Kawasaki Ninja 2tak tersebut menerapkan teknologi 3 busi, kompresi
bahan bakar di pertinggi dengan menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus,
knalpot tetap menggunakan catalic converter yang sesuai dengan standar Euro 3
bisa saja motor 2tak itu bisa lulus ujian Negara,,,hahahahaaaa
jadi intinya ini lulus euro 3 beneran ato masih angan2? kok isi artikel sama judul gk selaras sih..
BalasHapusenggak selaras ya,,,, hehehehee maaf maaf
Hapusartikel ini hanya membuka pikiran dari pihak KMI saja,,
mana tau ada inovasi baru dari KMI sehingga ninja 2tak itu bisa lulus euro 3
Saya hanya berandai-andai, entah benar atau tidak. Andai saja Kawasaki mau berkerja sama dengan Bajaj dalam memuluskan perjalanan Kawasaki ninja 2tak untuk lulus Euro 3.
BalasHapus:-)
Agak susah, Bro Yudha .....
Harus revolusi tinggi dari olienya juga ...
Kalau CC dipasang, tenaga bakal melorot dan kalau tidak ada revolusi dari olie-nya, maka bisa menyumbat CC.
:-)
agak susah yaaaa?????
Hapusmana tau yang agak susah itu bisa di mudahkan
Solusi mesin 2 tak lolos euro 4 bahkan 5 juga udh ada. Masalahnya di paten, pilihannya antara kawasaki riset 2 tak lolos euro 3 dan biayanya dibebankan ke konsumen, atau membeli paten yg juga dibebankan ke konsumen.
BalasHapusIntinya mau ninja rr lolos euro 3 pasti naek harga, dan kawasaki global pun ga fokus ke mesin 2 tak, riset agar 2 tak indonesia lolos euro 3? Hampir mustahil .... Relakan sajalah 2 taj hilang dari indonesia
jadi yang bisa ngerasain sensasi jambakan setan hanya pemilik moge saja,,,, jadi sedih deeeeh.
HapusKalau tetap mengandalkan motor2 sekarang.. Kapan indo bisa maju bro.
BalasHapusAne lbh prepare klo indo menjual motor2 buat di ekspor aja deh.. Banyak bgt dah gerai motkas d mna2..
Indrustri motor Indonesia di katakan maju bila motor nasionalnya bisa bangkit dan mandiri seperti di negara India,, Negara India motor lokalnya (Hero Motor) pamornya lebih tinggi dari motor-motor Jepang,
HapusPertanyaannya apakah ninja rr itu dijual di india? Kalau tidak, buat apa kawasaki repot2 bawa ninja rr ke india utk riset 3 busi, atau bawa insinyur india ke indonesia?....jualan 250 cc ke atas aja th kemarin udh sekian Trilyun revenuenya di indo.
BalasHapusBukannya sy ga seneng ninja rr tetap ada, tp rasionalnya gimana gitu saja...
bukan hanya di India tapi bisa juga di jual di daratan eropa,, tapi syarat utamanya di penuhi dulu,,harus lulus Euro 3
Hapusbisa saja lulus euro3, teknologi mesin 2-tak juga berkembang, walau nggak sesemarak 4-tak. tapi pastinya terjadi perombakan ruang bakar serta sistem supply bbm-nya + sistem pembuangan.
BalasHapustitip mas http://motogokil.wordpress.com/2013/06/16/nyok-ngobrolin-mesin-p200ns-vs-tiger-cc-kapasitas-sama-kenapa-power-jauh-beda/
nah kan bener teknologi 2 tak juga ikut berkembang
Hapusasem...
BalasHapushttp://sukanyamotor.blogspot.com/2013/06/elbow-down-syarat-jadi-juara-dunia-moto.html
kecuuuuuuut
Hapuskalau pemerintah ngurusi beginian sementara asap bus kebul2 hitam luar biasa dibiarin dimana2 menurut saya kok absurd.
BalasHapusDiatur dulu transportasi umum. Kendaraan pribadi asap hitam dikit saja pemilik sudah gelisah dan diomongin tetangga.
hapus lulus premium baru euro 3 bisa jalan di Indonesia
HapusBusett, mantab nek itu gan. 2 tak gak jadi pensiun deh, benar2 akan diproduksi sampe 2014 nih, kelakonlah
BalasHapushttp://iotomotifinfo.blogspot.com/2013/06/jual-half-fairing-new-vixion-lightning.html
di undur sampai tahun 2015 yuuuuk,,,,
Hapushehehehe
Mantappp
BalasHapushttp://otoradians.blogspot.com/2013/06/aturan-sepakbola-ketika-masih-anak-anak.html
maknyuuuuuuuuuuuuuuuus
HapusMasbro pernah denger KTM 200 exc? Tinggal taruh mesinnya di rangka Pulsar aja. Dijamin bikin seneng penggemar jambakan setan. Malah powervalvenya bisa distel, mau buka rpm berapa.
BalasHapusjosss
Hapuskalo yang udah punya ninja 2 tak gimana dong ? gaboleh dipake lagi ? rugi bandaar
BalasHapusregulasi EURO itu hanya untuk kendaraan baru yang sedang atau akan di produksi bro..
Hapusjadi kalo yg udah punya ninja 2tak tenang aja.. masih bisa jambak2an ama setan.. hahaha
buktinya tuh F1ZR, RXKing, yang notabene gak lolos EURO2 masih berlenggang di jalanan..
jangan nyesel punya ninja bro...
Intinya brarti untuk pemilik ninja 2tak gak perlu takut d jalan raya ya shob...?
BalasHapusIntinya brarti untuk pemilik ninja 2tak gak perlu takut d jalan raya ya shob...?
BalasHapusTenang aja breooww mskipun ninja ga lulus euro masi nisa kita pakeg kog....
BalasHapusPokog nya senggol bacokk
joos gan
BalasHapusGalau donk gan kalo ninja r d ilangkan...
BalasHapus