Ini mungkin untuk sementara tapi bisa juga untuk selama-lamanya.
Tapi berdasarkan data sementara itu »»
Dari penghitungan 20.470 unit di Desember 2012 jadi 31.697 unit
di Januari 2013. Sepanjang tahun lalu Januari hingga Desember,
Yamaha memimpin segmen sport dengan penjualan 456.062 unit.
Menapaki 2013, di Januari total sport tetap tertinggi di pasar
Indonesia sebanyak 42.772 unit.
Enggak di sangka bukan padahal bila kita lihat hasil PRJ kemarin
jelas Honda CB150R yang menjadi Idola, tapi Fakta lapangan
punya pendapat berbeda. Bisa jadi ini sementara tapi bisa juga
untuk selamanya kalau New Vixion akan tetap bertahta karena
CB150R belum mampu untuk membungkamkannya.
Ada berapa faktor yang bisa kita lihat dari kejadian itu :
1. Hasil tersebut bukan hasil murni dari penjualan New Vixion,
Ya iyalah Old Vixion jangan di lupakan begitu saja. Old Vixion
belum di stop sama sekali produksinya. Penjualan Old Vixion
lumayan mendongrak persentase hasil penjualan Vixion secara
keseluruhan. Dengan faktor harga yang lebih murah masih
banyak Konsumen yang membeli Vixion lawas ini.
Yamaha main pintar dengan tidak langsung menghentikan
penjualan Old Vixion. Vixion versi lawas tetap terus dijual
berdampingan New Vixion. Pelan tapi pasti Vixion lawas
akan di hentikan setelah Konsumen tau bahwa New Vixion
jauh lebih hebat dibandingkan yang lama.
2. Isu Karat, hal kecil tapi akhirnya menjadi besar. Tambah
menggemparkan dengan menghilang salah satu blog (ipan) yang
arus pengunjung/pembaca pada blog tersebut sangat besar
jumlahnya. Menghilang blog tersebut pada awalnya banyak yang
mengira akibat efek membahas tentang karat pada CB150R.
Walapun tuduhan itu tak terbukti, tapi khalayak ramai sudah
terlanjur mengenal akan cacat kecil pada CB150R itu. Iklan
dari mulut ke mulut tentang karat ini terus berjalan.
3. Dyno test power New Vixion unggul dibanding CB150R.
Hasil ini sangat mengejutkan, sudah banyak blogger terkemuka
menguji hal ini hasil pernyataan tetap sama kalau NVL lebih
unggul walaupun fakta di jalanan bisa jadi berbeda.
Tapi bagaimanapun juga hasil Dyno test power tersebut bisa
sebagai senjata iklan paling ampuh para penjual motor
Yamaha untuk menyakinkan pembeli bahwa NVL lebih Unggul.
3. Rupa New Vixion Menawan.
Mmmm···· Saya sudah melihat langsung rupa NVL di salah
satu Dealer motor Yamaha di Kota Sintang, Sungguh bila
kita kesampingkan Plat nomor depan di head lamp, tampilan
NVL memang lebih menawan. ( Akan saya buat artikel sendiri
akan pertemuan saya dengan NVL tersebut, termasuk protes
saya akan harga NVL yang jauh lebih tinggi di bandingkan
CB150R khusus di Kota Sintang. Saya enggak tau bagaimana
kebijaksanaan Yamaha Kalbar tentang masalah penentuan
harga tersebut. Menurut saya pribadi Yamaha Kalbar memang
pede untuk NVL ini sehingga harga motor tersebut jauh lebih
tinggi di bandingkan CB150R).
Kita Lihat saja kedepannya apakah Penjualan NVL akan terus
melaju sehingga CB150R dapat kita pastikan memang tak mampu
menggoyahkan tahta Yamaha Vixion, atau mungkin sebaliknya
secara perlahan CB150R akan menjadi raja baru. Jangan lupa
bandrol harga juga penentu bagi konsumen untuk menentukan
pilihan.
Bonus Photo
Tapi berdasarkan data sementara itu »»
Dari penghitungan 20.470 unit di Desember 2012 jadi 31.697 unit
di Januari 2013. Sepanjang tahun lalu Januari hingga Desember,
Yamaha memimpin segmen sport dengan penjualan 456.062 unit.
Menapaki 2013, di Januari total sport tetap tertinggi di pasar
Indonesia sebanyak 42.772 unit.
Enggak di sangka bukan padahal bila kita lihat hasil PRJ kemarin
jelas Honda CB150R yang menjadi Idola, tapi Fakta lapangan
punya pendapat berbeda. Bisa jadi ini sementara tapi bisa juga
untuk selamanya kalau New Vixion akan tetap bertahta karena
CB150R belum mampu untuk membungkamkannya.
Ada berapa faktor yang bisa kita lihat dari kejadian itu :
1. Hasil tersebut bukan hasil murni dari penjualan New Vixion,
Ya iyalah Old Vixion jangan di lupakan begitu saja. Old Vixion
belum di stop sama sekali produksinya. Penjualan Old Vixion
lumayan mendongrak persentase hasil penjualan Vixion secara
keseluruhan. Dengan faktor harga yang lebih murah masih
banyak Konsumen yang membeli Vixion lawas ini.
Yamaha main pintar dengan tidak langsung menghentikan
penjualan Old Vixion. Vixion versi lawas tetap terus dijual
berdampingan New Vixion. Pelan tapi pasti Vixion lawas
akan di hentikan setelah Konsumen tau bahwa New Vixion
jauh lebih hebat dibandingkan yang lama.
2. Isu Karat, hal kecil tapi akhirnya menjadi besar. Tambah
menggemparkan dengan menghilang salah satu blog (ipan) yang
arus pengunjung/pembaca pada blog tersebut sangat besar
jumlahnya. Menghilang blog tersebut pada awalnya banyak yang
mengira akibat efek membahas tentang karat pada CB150R.
Walapun tuduhan itu tak terbukti, tapi khalayak ramai sudah
terlanjur mengenal akan cacat kecil pada CB150R itu. Iklan
dari mulut ke mulut tentang karat ini terus berjalan.
3. Dyno test power New Vixion unggul dibanding CB150R.
Hasil ini sangat mengejutkan, sudah banyak blogger terkemuka
menguji hal ini hasil pernyataan tetap sama kalau NVL lebih
unggul walaupun fakta di jalanan bisa jadi berbeda.
Tapi bagaimanapun juga hasil Dyno test power tersebut bisa
sebagai senjata iklan paling ampuh para penjual motor
Yamaha untuk menyakinkan pembeli bahwa NVL lebih Unggul.
3. Rupa New Vixion Menawan.
Mmmm···· Saya sudah melihat langsung rupa NVL di salah
satu Dealer motor Yamaha di Kota Sintang, Sungguh bila
kita kesampingkan Plat nomor depan di head lamp, tampilan
NVL memang lebih menawan. ( Akan saya buat artikel sendiri
akan pertemuan saya dengan NVL tersebut, termasuk protes
saya akan harga NVL yang jauh lebih tinggi di bandingkan
CB150R khusus di Kota Sintang. Saya enggak tau bagaimana
kebijaksanaan Yamaha Kalbar tentang masalah penentuan
harga tersebut. Menurut saya pribadi Yamaha Kalbar memang
pede untuk NVL ini sehingga harga motor tersebut jauh lebih
tinggi di bandingkan CB150R).
Kita Lihat saja kedepannya apakah Penjualan NVL akan terus
melaju sehingga CB150R dapat kita pastikan memang tak mampu
menggoyahkan tahta Yamaha Vixion, atau mungkin sebaliknya
secara perlahan CB150R akan menjadi raja baru. Jangan lupa
bandrol harga juga penentu bagi konsumen untuk menentukan
pilihan.
Bonus Photo
baru data distribusi bro...kenyataan di lapangan orang juga susah beli NVL en selalu diblg harus inden....sangat kontras ama data yg ada
BalasHapus1-2 semester baru bisa ketahuan yang sebenarnya
Hapus2 bulan lagi bakal kelihatan. Btw, anak mas depp cantik. tuh posenya kayak model :D
BalasHapusperlu waktu memang buat tau mana yang lebih unggul.
HapusKependekan potong rambutnya eeeh jadi mirip cowok, hehehehee
klo sampe sekarang (Surabaya) yang aq tahu sih (yang aq lihat pas jalan aja ya, ga maen dari rumah ke rumah) lebih banyak populasi NVL yang ketemu. CB ya 1, 2 gitu tapi ga seberapa banyak.
BalasHapus#masih ada yang ngeyel, baca lagi kalimat pertama saya
di Kalbar yang banyak saya lihat (dealer motor)
Hapusmalah CB150R, Nvl malah langka
tak tunggu artikel pertemuannya dg NVL,Pak..
BalasHapusbelum bisa di buat sekarang pak wahid
Hapusdatanya ketinggalan di rumah (sintang)
saya masih di tempat tugas sekarang
masih tenar yamaha vixion drpd honda CB150SF, tp ga tau kedepannya
BalasHapussama-sama kita lihat bagaimana perkembangannya nanti sobat
Hapusbro, old vixion spec nya d upgrade gga ?
BalasHapusmasih sama seperti yang dulu, kagax ada perubahan
Hapusperkiraan bulan 6, vixion lawas di matikan
wah kayanya harus nyari yang simpel aja gan
BalasHapusheheheee boleh boleh, enggak ada yg larang koq
HapusSetahuku faktor kekalahan CBSF terhadap NVL cuman satu mas... yaitu Faktor Kapasitas Produksi di AHM dan Vendornya mas... Beda ama NVL yang prod-nya dah lama dan punya kapasitas lebih.... Sebenarnya dari segi peminat kedua motor ini imbang mas....
BalasHapusNVL walaupun baru tapi sudah memegang prestasi lama yang nomor satu
HapusFaktor yang harus ditambahkan Bro Yudha: Ketersediaan (Produksi + Distribusi).
BalasHapusKemampuan AHM memenuhi permintaan pasar masih kalah.
Di Indonesia ini orang bisa berubah pilihan hanya karena NVL indennya bisa lebih cepat.
Bianka-ku di-Recall oleh Kawasaki
http://7leopold7.wordpress.com/2013/02/14/ninjaku-di-recall-kawasaki/
yang di Kalbar malah kebalik pak,
Hapusuntuk sementaa ini kita lebih mudah melihat dan mendapatkan
CB150R dibandingkan NVL
Emang secara design NVL lbh oke kok....asal liat langsung jgn liat foto... masalah selera memang, tapi selera yg "NORMAL " lho ya... klo tenaga 11-12 lah... utk harian selisihnya g seberapa ngefek...!!!
BalasHapuswaktu jumpa pertama kali dengan NVL secara langsung
Hapussaya hanya berguman, kekar juga yaaaa, kereeeeen.
Vixion lawas lewaaat lah
lebih keren GL15A1RR
BalasHapushttp://tankibensin.wordpress.com/2013/02/15/gl15a1rr/
menurut ane lhoo,, hihhiihii
heheheee
Hapuskayaknya kehadiran cb sudah mulai mengganggu market si vixion. kalau skrg penjualan masih dibawah vixion ini hal yang sangat wajar.seperti halnya waktu vixion baru muncul dan butuh waktu lebih dari 1 tahun menjungkalkan penjualan tiger. tunggu 7 bulan lagi pasti cb akan menyalip minimal membalikkan ms sport yamaha. ditunggu artikelnya 7 bulan kedepan.
BalasHapustapi di sini vixion masi oke lampung
BalasHapusfi diagnosa tool
memang kalau urusan motor sport Yamaha jago nya gan tapi akhir-akhir ini user beralih ke Honda. Trims buat artikelnya
BalasHapusmau pesan motor honda rada sulit tapi kalau pesan motor yamaha gampang makanya new vixion lebih laku karena segalanya di permudah!
BalasHapusane kmren abis pilah-pilih antar NVL dan CB150 dan akhirnya pilihan jatuh ke NVL
BalasHapusNvl mesinnya kalau sudah panas kasar ya,?, punya ane gitu
BalasHapusmotor moge kaya NVL memang keren, speed oke.. tpi biaya belum bisa terjangkau buat saya .. hehehe
BalasHapus2 tahun sudah artikel ini di tulis .. CB150r Facelift pun hadir dengan sosok yang baru .. agustus 2015 .. apakah mampu ??
BalasHapusSekarang sudah 2021 CB150R makin mantulll cukup 8 tahun untuk menjafi raja!!!
BalasHapushttps://www.gridoto.com/read/221024691/penjualan-yamaha-v-ixion-kalah-lagi-dari-honda-cb150r-suzuki-gsx-s150-jauh-di-belakang