Laman

Pengunjung

Jumat, 21 September 2012

CARA TERHEMAT NAMBAL BAN TUBELESS




Secara umum ban motor dapat golongkan menjadi dua macam
Ban biasa dan ban jenis tubeless. Bagi anda yang sering bepergian
jauh saya sarankan untuk menggunakan ban tubeless,begitu pula
bagi anda yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana
pekerjaan anda. Suatu permasalahan yang sering terjadi bagi kita
 pengendara motor adalan BAN BOCOR. Jika kebocoran ban
terjadi di tengah jalan terpaksa deh kita harus mendorong motor
ke tukang tambal ban, bersyukurlah kalau jaraknya dekat,
kalau jarak jauh?? CAPE' DEEEH.

Jka kita menggunakan ban tubeless, mungkin bisa lebih santai.
Karena jika tertusuk paku, ban ini lebih kuat dibandingkan ban
yang menggunakan ban dalam. Jika ban tubeless terkena paku,
biasanya pakunya akan menancap terus dan ban baru kempes
beberapa waktu secara perlahan-lahan. Mantaaaap kan······

Setahun yang lalu saya pernah mengalami kebocoran ban
hahai saya enggak sadar loh kalau ban belakang motor ninja saya
itu bocor. Waktu itu saya dalam perjalanan pulang dari tempat 
tugas ke rumah. Sepanjang jalan nyantai aza narik gas 80-120 kpj. 
Sampai di rumah sudah malam, pas besok pagi mau makai itu 
motor, eeeeeh ban belakangnya bocor. 

Setelah di cek ternyata terdapat dua buah paku ukuran sedang 
nongkrong di sana. Pas mau ke bawa ke tambal ban malah 
ketemu sama teman, menurut dia kalau ban tubeless itu bocor 
sebelum di tambalin sama tukang ban maka lubang yang bocor 
kecil itu malah dibesarin lebih dulu. Aw aw aw wah ini bakalan 
merusak ban menurut saya. 

Ya sudah saya melakukan percobaan aza dah, kalau berhasil 
mantap kan, enggak perlu ngeluarkan uang banyak dan lobang 
bocor ban saya enggak tambah besar oleh tukang tambal. 
langsung saja saya ke warung terdekat untu beli LEM SUPER 
GLUE yang harganya Rp. 3000.- doang. Paku yang nongkrong 
diban motor saya cabut dengan tang, lobang yang bocor tersebut 
saya tusuk lagi dengan lidi. 

Ban saya pompa. Lidi saya lepas, kemudian dalam lobang yang 
bocor tersebut saya masukkan sampai penuh, saya tusuk- tusuk 
lagi pake lidi, masukkan lagi lemnya sampai enggak ada lagi 
gelembung udara yang keluar, ini berarti lem telah mengering 
di dalam. Kuaaaat enggak ya???? KUAT DONG. kalau 
enggak kuat mengapa sekarang tetap bertahan sampai setahun.

18 komentar:

  1. Eksperimen ya,Pak.? Setelah itu tahan berapa km.?

    BalasHapus
  2. @ Anonim berkata...
    pertamax

    ****
    Mantap, kalau telat anda dapat solar
    wkwkk···

    BalasHapus
  3. @ bakulkangkungjpr1 berkata...
    Eksperimen ya,Pak.? Setelah itu tahan berapa km.?
    *****
    Wah sudah enggak ke itung berapa km.
    Udah setahun pak, dari medan bagus sampai
    medan hancur (jalan ke tempat tugas).

    BalasHapus
  4. dulu pernah coba nih.. malah sering banget.. sekitar 5-10 tambalan..
    ada yang tahan lama ada yg bocor lagi..
    terpaksa dah ganti ban baru,, skrg pake cairan tambal dari dalem,,
    3 bulan ga ada masalah malah ban jd agak dingin kalau dbanding sebelumnya..

    BalasHapus
  5. @ Anonim berkata...
    dulu pernah coba nih.. malah sering banget..
    sekitar 5-10 tambalan..ada yang tahan lama ada yg bocor lagi..
    terpaksa dah ganti ban baru,, skrg pake cairan tambal dari dalem,,
    3 bulan ga ada masalah malah ban jd agak dingin kalau
    dbanding sebelumnya..

    *****
    wah sering ngelindas paku yaaaa ckckckk, perlu di laporin
    polisi tuch. artinya daerah agan ada yang nyebarin ranjau
    paku tuch. kalau enggak itu berarti nasib agan yang selalu
    apeeees wkwkwkk······.
    Kalau kebanyakan bocornya cara tambalan lem super glue
    enggak akan efektif sepenuhnya. jadi ada lobang yang
    tahan lama, ada juga yang enggak. ngelem pake super glue
    juga dapat kita pergunakan pada saat situasi genting. misalnya
    pas lagi touring tiba-tiba ban motor kita kempes karena paku
    dari pada dorong ke tambal ban mendingan lem aza kan.
    hanya buat ban tubeless yaaa. kalau ban biasa sama aza bo'ong
    qiqiqi

    BalasHapus
  6. tubeless yg cocok buat ninja ss apa ya bro, dgn velg standarnya. Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  7. @ abongbonjeruk berkata...
    boleh2...
    Mtor ane msh pke clana dlm.
    *****
    Lebih sip malah kalau enggak pake
    celana dalam gan qiqiqiii

    BalasHapus
  8. @ crazy2ride berkata...
    tubeless yg cocok buat ninja ss apa ya bro,
    dgn velg standarnya. Mohon pencerahannya :)
    *******
    Kalau buat ninja ss saya
    gunakan ban FDR gan,,,
    Belakang Pake Sport XR Evo ukuran 120/80-18 M/C 62S
    depan merk juga sama tapi ukuran 110/70-17
    Selama ini memuaskan koq.
    biar lebih mantap bisa di tanyakan sama
    rekan yang lain.

    BalasHapus
  9. @ Nur Ansyahri berkata...

    mantapp infonya kang.....

    *****
    Semoga bermanfaat ya mas bro.

    BalasHapus
  10. @ Nur Ansyahri berkata...

    mantapp infonya kang.....

    *****
    Semoga bermanfaat ya mas bro.

    BalasHapus
  11. iyaa,, selain lem super katanya aibon pun bisa buat nutup lubang pakunya,, jalanan jakarta bener bener deehh,,


    http://mottobiker.wordpress.com/2012/10/05/suzuki-rilis-2013-gsx-r1000-spesial-livery-1-000-000-line-up-gsx-r/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dijalanan jakarta emang perlu ban besi kaleeeee biar enggak bocor terus,, wkwkwkkkkkkkk. ranjau pakunya emaaaaang kebangetan, udah gitu enggak kelihatan. warnanya senada dengan aspal, dibakar dulu sebelum ditebarkan.

      Hapus
  12. gw udh coba cara gt dr 2 taun lalu.. Bocornya ga tanggung2 ampir 10 lubang dr mulai paku,kaca, kawat, batu dll..
    Hasilnya ada yg awet ada yg bocor lg.. Yg terlalu besar atau kecil malah lbh susah..

    Akhirnya dganti tu ban, skrg pk cairan bkn merk tyr*guard..
    Tinggal tunggu pas dibuka apa ky artiker si ipan apa ngak..

    BalasHapus

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.