Laman

Pengunjung

Selasa, 03 Juli 2012

HANYA MITOS UNTUK NINJA 2 TAK JADI ABAIKAN SAJA


Selama saya menunggang Ninja 2tak, banyak masukan dari
teman biar motor saya bisa lebih kencang. Ubah inilah ubah
itulah. Ninja 2tak udah terkenal kencang larinya tapi rasa tidak
puaslah yang terkadang membuat seseorang yang ingin membuat
motornya bisa jauh lebih kencang dari standarnya kalau bisa
kencangnya mengalahkan motor Stoner ataupun motor balap
miliknya Lorenzo, wkwkwkkkkk······
Ternyata mengubah yang ini yang itu, menggunakan ini
menggunakan itu TIDAK AKAN mengubah NINJA 2 tak kita menjadi
motor super, sebagai contoh :

1. TENTANG BAHAN BAKAR

Menggunakan Petramax akan menambah performa mesin.
Ternyata Faktanya belum tentu. Untuk mesin yang memiliki
rasio kompresi diatas 9:1 seperti Ninja 250 Petramax memang wajib,
tapi untuk mesin dengan rasio kompresi di bawahnya seperti ninja
2 tak kita, maka penggunaan BBM oktan tinggi tidak akan membawa
pengaruh apapun ke mesin KECUALI emisi gas buangnya lebih bersih.
Jika oktan terlalu tinggi, maka akan ada sisa BBM yang tidak terbakar
akan menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar.
Bila ada mesin dengan rasio kompresi 7,2:1 diisi dengan Pertamax
seperti ninja 2tak ada peningkatan tenaga, maka bisa dipastikan
bahwa itu hanya perasaannya saja. 2 tak itu MESIN JADUL jadi Cukup
dengan Premium motor kita sudah cukup Super, apalagi kalau
Knalpot standar udah diganti dijamin tenaganya tambah ngejooos.

2. TENTANG OLI

* Lebih baik menggunakan oli mesin yang lebih kental.
Wah ini enggak betul mas bro, Kerenggangan antar part di mesin
sudah diukur oleh pabrik dan sudah ditentukan tingkat kekentalan
oli mesin yang mana cocok mana yang tidak. Jadi untuk Ninja 2 tak
kita cukup menggunakan oli yang tingkat kekentalan yang telah
direkomendasikan oleh pabrik (baca buku petunjuk).
Jadi ngapain beli oli yang harga Ratusan ribu rupiah itu kalau
efeknya sama saja. PEMBOROSAN buang duit percuma.

* Oli mesin 2 tak perlu ditambah aditif
Pernyataan seperti ini perlu diluruskan, kita semua tau kalau oli
mesin 2 tak itu hanya melumasi kopling dan gearbox, jadi tidak
perlu ditambah dengan aditif. Aditif justru membuat oli terlalu licin
dan bisa menyebabkan kopling motor ninja 2 tak selip.
Tanpa menggunakan aditif pada oli mesin Ninja kita tetap MANTAP.

3. TENTANG PENGAPIAN
* Ganti busi yang apinya lebih besar akan meningkatkan performa mesin.

Kalau ini belum tentu mas bro, performa mesin akan meningkat
apabila sebelum ganti busi, karburator diseting basah terlebih
dahulu tapi apabila setingan karbu sebelumnya sudah benar, maka
penggantian busi yang apinya lebih besar enggak bakalan membawa
pengaruh apa-apa. Mubaziiir aza deeh.


* ganti koil racing akan meningkatkan performa mesin
Siapa bilang ?? belum tentu benar loh. Koil racing memang
akan menghasilkan api yg lebih besar. Tapi tanpa disertai dengan
suplai BBM dan udara yang memadai, justru akan membuat
pembakaran menjadi terlalu kering. Dengan main colok koil
aftermarket tanpa ada ubahan di sektor lain, power Ninja mas bro
malah bisa turun 0,5 dk.

* memajukan waktu pengapian akan meningkatkan performa.
mesin Mengubah timing pengapian pada mesin standar
BELUM TENTU bisa meningkatkan performa mesin. Waktu pengapian
yang terlalu maju mengurangi tenaga mesin atau mesin susah
langsam atau malah. tidak mau bekerja. Waktu pengapian yang
terlalu mundur bahkan. bisa lebih berbahaya untuk mesin,
piston bisa jebol karena timing pengapian yang tidak tepat.
Jadi jangan coba-coba mas bro memajukan atau memundurkan
waktu pengapian kalau motor ninja 2tak mas bro masih standar.

22 komentar:

  1. yg paling ngaruh tuh di motor 2 tak jelas BBM,sama oli samping....memang sih kompresinya cuman 7 koma,,,tapi BBM sensitif banget karena maikn mudah kebakar, makin gampang 'bilas' nya, dan rasanya pake premium sm shell super/pertamax/total 92 jauuuhh masbro..... oli samping juga gitu... cari yang smokeless bukan yg low-smoke...

    klo di 2 tak ga ada oli mesin, adanya oli transmisi, yg oli mesinnya,ya si oli samping itu.... jadi oli yg di karter kanan cuman ngelumasin girboks n kopling,,, cari aja oli yg aditivnya ada anti slip kopling, n jgn encer2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo oli mesin kawasaki ninja 4 tak dpake untuk ninja 2 tak gimna ??

      Hapus
  2. aku kelimaxx dehh

    ninja R 150 itu std udah bisa buat nguber pasukan harley davidson yang ugal-ugalan di jalan

    (abis kekejar, tuh komandannya langsung dilempar pake dinkliq)

    BalasHapus
  3. sensasi ninja 2 tak memang jadi
    impian buat para speed lover

    BalasHapus
  4. salam kenal mas Yudha
    wah komen soal premium aja
    motor berkompresi gede pun kalau pake premium aman, asal jangan maen2 tinggi2 RPM-nya :D soalnya kalau putarannya rendah (kata pak guru) masih bisa nahan gebukan piston. Ya kalau salah koreksi deh bro :mrgreen:

    lha berati Ninja kak Yuda iki masih standar ta?

    BalasHapus
  5. Bro redbike92
    terima kasih telah berkunjung.
    yuuups motor ninin saya masih standar aza
    cuma knalpot udah diganti, knalpot standar
    kan ada catalic nya jadi bisa rusak kalau
    terus menerus minum bensin.
    kalau mesin kagax ada masalah minum bensin koq
    piston mau pake petramax ataupun premium
    tetap akan cepat rusak bila terus menerus
    dipacu dengan extrem untuk itu
    motor R yang sering dipacu dengan extrem
    sebaiknya ganti ring piston di tiap 15.000km
    (sebelum dinding boring tergores).

    BalasHapus
  6. lbh bgs lg jika udh porting n polish ....
    si ninin lbh ganas ....

    BalasHapus
  7. Masbroo ninja saya sblumnya pake pertamax murni tapi skrg saya oplos pertamax plus campur premium perbandingan 1:1 itu bagaimana bro ? Tolong jawabanya,thx broo

    BalasHapus
  8. oli mesin yg recommended buat ninja 2tak apa ?

    BalasHapus


  9. JUAL OLI SAMPING 2T ORANGE

    - 700 ml
    - API TC, JASO FC & TISI LEVEL
    - Premium Quality Smokeless & Perfumed
    - 2 Stroke Motorcycle oil for longer engine service life
    - Superior Protection Against the formation of carbon varnish and lacquer deposit
    - Maximizes engine power output and assures faster engine start-up
    - Minimizes pre-ignition and spark plug fouling
    - Smells good feel good



    KETERANGAN :
    * Pelumas motor 2-tak berbahan dasar Synthetic
    * Sisa hasil pembakaran (kerak) mudah dibersihkan
    * Ketahanan busi lebih terjaga
    * Ketahanan terhadap korosi Dapat memperpanjang umur mesin kendaraan
    * Stabil dalam temperatur kerja pada suhu rendah dan suhu tinggi
    * Dapat mengurangi keausan pada mesin kendaraan
    * Mencegah gesekan pada permukaan logam
    * Dapat meningkatkan performa mesin kendaraan
    * Rendah asap & ramah lingkungan

    Kemasan 700 ml @ 30rb
    HARGA : 30.000
    ORDER BY SMS : 0856 4103 7796

    BalasHapus
  10. Gan dima yah cari oli shell raching x 2t..ad invo g?.

    BalasHapus
  11. Katanya orang2 pke olsam idemitsu kerak jdi kurang. Tpi nyatanya pas bongkar kips,kok msih bnyak kerak nya ya....
    Tolong pencerahannya.thanks

    BalasHapus
  12. Oli castrol aktiv low smoke lebih ok... mesin bersih asap kurang....

    BalasHapus
  13. untuk mas mas brow yang tau mau naya ni...untuk pengantian knalpot hinja rr150 racing apa sajah sih yang harus ikut di ubah dari sistem karbulator dll...??

    BalasHapus
  14. untuk mas mas brow yang tau mau naya ni...untuk pengantian knalpot hinja rr150 racing apa sajah sih yang harus ikut di ubah dari sistem karbulator dll...??

    BalasHapus

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.