Halaman

Pengunjung

Kamis, 14 Juni 2012

EKSOTISNYA BUKIT KELAM

* Bergaya sejenak dengan latar belakang bukit kelam

Aku mau cerita tentang kota kelahiranku yaitu kota Sintang. Kota Sintang layak dikunjungi karena memiliki panorama tepian sungai yang indah. Kota di mana tempat bertemunya dua aliran sungai besar yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Tapi kali ini aku enggak ngomongin tentang sungai ya. Aku pengen cerita tentang salah satu Objek Wisata yang sangat terkenal yang ada di Kalimantan Barat yang terletak di Kabupaten ku Sintang.

Bukit Kelam adalah salah satu obyek wisata Kalimantan Barat yang enggak boleh dilewatkan begitu saja. Jaraknya kira-kira 20 KM dari pusat kota Sintang kearah Kapuas Hulu. Jika sedikit keluar kota Sintang Bukit Kelam sudah terlihat. Untuk pergi ke sana kita dapat menggunakan kendaraan umum tapi kalau aku sih lebih senang dengan menggunakan sepeda motor karna pemandangan sepanjang jalan cukup indah serta di tunjang dengan jalan aspal mulus di jamin Motor Ninja ku bisa Nge-kips sepuas-puasnya.

* jalan beginian buat nge-kips paling enak

Bukit Kelam yang telah menjadi Kawasan Hutan Wisata ini memiliki panorama alam yang mempesona, yaitu berupa pemandangan air terjun, gua alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, dan sebuah tebing terjal setinggi kurang lebih 600 meter yang ditumbuhi pepohonan di kaki dan puncaknya.

Bukit Kelam merupakan satu diantara BUKIT TERUNIK di dunia. Keunikannya adalah Bukit ini merupakan sebuah Bukit yang murni terdiri dari segumpal batu raksasa, satu-satunya di Indonesia. Bukit dengan jenis seperti ini hanya terdapat 2 (dua) buah di dunia yaitu Ayers Rock yang terdapat di Australia dan Bukit Kelam di Indonesia. Kedua Bukit ini memiliki keistimewaan yang sama, yaitu warnanya yang dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan cuaca. Jadi mas bro enggak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri kalau ingin melihat Bukit yang murni dari segumpal batu karna negara kita juga punya.

Buat Mas Bro yang suka bertualang tantangan alam dan merindukan pemandangan alam yang asli, maka Bukit Kelam adalah tempat yang paling tepat dalam memenuhi selera Mas Bro sekalian. Mas Bro dapat ke puncak Bukit dengan 2 (dua) cara, yaitu :

- CARA PERTAMA
Menggunakan tangga yang tersedia dan terletak disebelah barat Bukit Kelam, tapi hati-hati Mas Bro tangga yang terbuat dari besi posisinya sangat menyeramkan dan terjal, ada beberapa anak tangga yang belum di renovasi, Kalau Mas Bro enggak kuat fisik, lebih baik jangan dicoba, lebih baik mundur karna bisa sajaMas Bro macet atau kecapean ngos-ngosan deh di tengah jalan. Enggak lucu kan BISA NAIK TAPI ENGGAK BISA TURUN, Hahahaaaa···········

- CARA KEDUA
Mas Bro bisa mendaki tebing Bukit yang sangat terjal dan menantang dengan menggunakan tali dengan ketinggian 600 meter.

- CARA KETIGA
Nah ini cara termudah dan ternyaman serta tidak bikin pegel untuk cepat sampai ke puncak bukit yaitu dengan Helikopter. ..╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム. Jadi Mas Bro bisa menghubungi Perusahaan Penerbangan yang menyediakan jasa ojek penyewaan Helikopter. Masalah harga tergantung bagaimana Mas Bro nawarnya aza kali.

Nah apabila Mas Bro sudah sampai ke Puncak Bukit Kelam maka Mas Bro dapat melihat pemandangan alam yang sangat indah seperti Hutan tropis dan berbagai jenis tanaman langka, dua aliran sungai yang mengapit Kota Sintang yaitu Sungai Melawi dan sungai Kapuas, letak tata Kota Sintang dan persawahan yang ada di bawahnnya.

* indahnya bukit kelam dari kejauhan

Nah bagaimana kalau Mas Bro enggak berani naik Bukit, saaaantai aza Mas Bro, Mas Bro enggak perlu takut karena kawasan wisata alam Bukit Kelam juga telah menyediakan kolam renang jadi Mas Bro bisa berenang seharian, ada juga lapangan tenis yang dapat dimanfaatkan oleh setiap wisatawan. Kalau Mas Bro ingin bermalam di sana, jangan kuatir sebab ternyata di tempat ini pun disediakan camping ground yang cukup luas dan aman.

* Deva dan Ibu Rahma

Ada sedikit petunjuk bagi Mas Bro yang belum pernah ke Kalimantan Barat biar enggak sesat menuju Bukit Kelam, pertama-tama Mas bro bisa mulai perjalanan dari Kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Nah dari Pontianak menuju ke Kota Sintang itu dapat di tempuh selama kurang lebih 7 sampai 8 jam, atau bisa juga kurang, bisa juga lebih lama. Tergantung jalan mana yang Mas Bro lewati, kendaraan apa yang Mas Bro gunakan, dan juga keadaan jalan yang dilalui. Setiap harinya ada bis umum yang melakukan perjalanan dari Pontianak - Sintang dan sebaliknya, baik untuk perjalanan siang maupun perjalanan malam. Kalau Mas Bro senang naik motor lebih baik Touring nya rame-rame, LEBIH ASIK LEBIH AMAN jikalau motor Mas Bro mogok ada yang bantu dorongin, hahahahaaaa. Asiknya rameee-rameeee.

2 komentar:

  1. ngapain ke luar negeri kalau di Indonesia ada semuanya :D

    BalasHapus
  2. @ redbike92
    benaaar sihhh, tapi kalau di tempat saya
    kalau ke Luar Negeri seperti lompat pagar saja heheee
    berbatasan langsung bro dgn Malaysia
    naik motor seperti Malang-Surabaya.

    BalasHapus

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.