Laman

Pengunjung

Minggu, 28 Juli 2013

SETAN JALANAN DARI SUZUKI



Bila anda bertanya kepada anak Anak Baru Gede Indonesia saat ini, motor apa yang paling kencang dari Suzuki??? Maka jawababnya 100% adalah Suzuki Satria F. Bebek super dari Suzuki itu memang dianggap sebagai setan jalanan, padahal motor tersebut tidak ada apa-apanya bila dibandingkan Setan Jalanan sesungguhnya dari Suzuki yang pada awal kehadirannya selalu menuai prestasi dan podium di ajang Road Race tanah air tempo dulu.

Sensasi dan jambakan motor tersebut memang tak pernah lagi tercipta lagi oleh Suzuki untuk motor level 150cc. Dari tarikan awal menengah dan atas tak ada kosongnnya. Saya bahagia walaupun saat ini motor tersebut teramat langka, pada jaman ABG dulu saya sempat menikmatinya, Suzuki RGR memang bisa buat cewek tergila-gila, hahahahaaa


Dengan dipersenjatai dengan mesin tegak berkapasitas 147cc, 2 langkah, reed valve, berhorse power 26.5ps pada 9.500rpm, mempunyai torsi 2.1kg. Bore x stroke = 59.0 x 54.0mm, kopling manual, 6 trasmisi perpindahan gigi, kick starter, shockbreker belakang monoshok dan depan telescopic, menggunakan lingkar roda spookwheel 18″-2.75 depan dan 18″-3.00 belakang, kapasitas tangki oli samping 1.2lt, kapasitas tangki bahan bakar 11 liter, berpenghenti laju diskbrake depan sedangkan belakang mengandalkan tromol, mampu membawa sang pengendara melesat cepat sampai batas angka 160kph.

Yang sempat menikmati motor tersebut, silahkan bernostalgia dengan cara bercerita di kolom komentar.
 

26 komentar:

  1. saingannya Ninja 150
    sayangnya RGR udah ga diproduksi lagi
    padahal motocross 2 tak 50, 65, 85, 125, 250cc justru produksinya terus digenjot lhoh, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, motor 2tak yang masih bertahan adalah motor 2tak yang lulus Euro3 nanti. Harganya??? Selangit, mahal bagi kantong konsumen motor Indonesia kebanyakan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mengingat ingat kembali ketika masih menggunakan seragam putih biru

      Hapus
  3. weh jadi inget suzi rg,thn 2007 sempet peliara rg 97 selama 3 taon.larinya maut,suara knalpot racingnya khas sperti motocros special engine cadas&jantan banget suaranya beda dgn ninja agak2 gimana gitu

    BalasHapus
  4. Kalau yg di foto itu sudah generasi kedua atau ketiga ya ?
    Sudah agak bulet2 bodinya.

    Yang lebih mengerikan itu yg generasi pertama keluar, Bro.
    yang masih banyak menyudut gitu bodinya.
    Ramping tapi kencang banget ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dizaman itu, RX King lewat, bahkan Yamaha RX-Z atau RZ-R saja jiper .......

      Hapus
    2. Yang di photo itu generasi ke dua sob.

      Hapus
    3. Betul, yg generasi pertama itu yg buntut lampunya Cristal.

      Hapus
    4. Generasi 1 (1991-1992) : lampu kotak agak mirip suzuki sprinter
      Generasi 2 : lampu suzuki crystal kotak
      Generasi 3 : lampu suzuki crystal membulat
      Generasi akhir : lampu suzuki tornado

      Punyaku dulu yang tahun 1991

      Hapus
  5. tahun 2003 sempat ditawari rg ini,yang stop lamp model suzy crystal,rakitan '92 kalo gak salah, pengen banget apa daya saat itu masih honorer jadi gak berani ngambil,takut gak kuat bensin olsamnya,
    Trus beberapa bulan lalu nemu rg juga di garasi teman kondisi menyedihkan,seal pada bocor,tangki penyok kena tiang(ambruk saat standart) dan suara mesin menyedihkan...mungkin itu rg terakhir yang masih ada ditempatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang teramat langka melihat motor itu di jalana Indonesia

      Hapus
  6. ane msh inget 22 thn yg lalu awal rg buntut sprinter keluar,pernah coba rg pny teman ane yg anak orang kaya.yup awal rg keluar hrg sekitar 4jutaan sekian,motor termahal saat itu.oleh tmn ane tu motor di pake balap liar&tidak pernah kalah taruhan.iseng ane coba,digas agak brebet,ane tanya ama temen 'kok brebet gini motor bisa menang terus sih'temen ane bilang" yah maklum dikorek mesin ama ganti membran boyesen begitu jdnya pancing setengah kopling"lalu ane selip koplingnya..gila..gila..gigi 3 roda depan msh ngangkat.sampe skrng sdh 22 thn ane msh ingat sensasi mengerikan suzuki rgr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jambakan setannya merata dari transmisi bawah sampai atas

      Hapus
  7. berawal dari article podium, akhirnya sampai ke blog ini dan thread nya bagus bagus. dan pas di beranda nemu cerita "nostalgia" tentang erji. saya tidak pandai menulis, singkatnya suka duka nya erji banyak sekali. dukanya, beberapa teman kecelakaan dan semoga mereka diberikan ampunan Allah SWT dan diterima disisi Nya, aamiin. duka yang kedua, saya dari keluarga tidak mampu, namun pas es-em-a ini motor idaman, semua ingin memiliki, apa daya hanya impian, namun alhamdulillah sempat nyobain (dipinjamin teman). Dan alhamdulillah nya lagi, itu menjadi motivasi. suka nya: berangkat dari motivasi tadi, ini motor yang saya beli ketika pertama kali saya bisa beli motor sendiri, dapat 2nd, tahun 95 black buntut crystal, dan alhamdulillah sampai sekarang menjadi pajangan (sad). informasi dari adik, kruk as nya perlu di apain gitu (saya kurang mengerti mesin), dan ada ide dari saudara jadiin trail, namun tuh motor tetap nggak bakalan dirubah rubah sebagai kenangan sepanjang masa...
    Wassalam
    me, www.amoleRC.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu usaha keras kelihatannya agar motor sobat bisa sehat kembali, selamat berburu spare part langka ya,,,,

      Hapus
  8. dan gara-gara motor ini aku ke hukum guru sma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti tanpa sengaja ngeber gas tu kotor di depan guru ya, hehehehe

      Hapus
  9. di sekolah ane sekarang (SMA) masih ada 2 orang yg punya RGR dan pernah pinjam sensasinya beda ama naik motor lain gimana gitu sayang klo bikin standart uero 3 pasti susah pakenya kena pak kumis terus

    BalasHapus
  10. Baru sekali ini aku mampir ke blog ini.
    Artikel tentang RGR, membawa ingatanku ke tahun 93, saat kelas II SMA. Saptu siang itu aku balapan pake Binter AR punyaku, melawan RGR baru milik teman. Taruhan bensin 10 liter. Waktu itu klo g salah masih 450/liter. Hasilnya kalah deh binter AR punyaku,...hehehehe.

    BalasHapus
  11. waaaaa.. flash back.. ama RG buntut crystal saya.. di cat hitam semua.. taon 97 satu2nya di sekolah yang bawa RG cuman saya.. (warisan dari paman :p) hihihihi..

    BalasHapus
  12. Saya masih simpan Rgr th 98, tangan ke2. Masih standard pabrik, warna pink silver, body, fairing utuh. Sticker body asli bawaan pabrik. Sampai sekarang kalau di pakai dijalan bikin orang2 nengok sampai patah leher, he3x......

    BalasHapus
  13. saya masih punya Rgr tornado. namanya si grandong, tapi udah bodong....hehehe

    BalasHapus
  14. Motor gw jaman sma dulu di jogja,dulu beli baru edisi thn 94 yg lampu blkgnya ky crystal...ampun dah tuh motor..kenceng abizzzz...skrg lg bangun yg edisi 95,kmrn beli seken 2jt..mau nostalgia nih..

    BalasHapus

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.