Halaman

Pengunjung

Selasa, 26 Juni 2012

CARA SEDERHANA MERAWAT VESPA


Vespa makin antik makin menarik begitulah penjelasan
Mas Joe pada ku ketika aku main-main ke bengkelnya yang
hanya 100 langkah dari rumahku, bagiku bengkel ini sangat
menarik karena tidak ada motor lain yang jadi pasiennya kecuali
motor Vespa. "Ayooo····· main Vespa" ajaknya padaku. Setiap aku pergi
ke bengkelnya tak segan-segan dia meracuni ku untuk mengoleksi motor
tersebut.

"Main Vespa itu asik, beda dengan motor jenis lain. Kalau kita punya
Vespa teman dan saudara kita makin banyak, rasa persaudaraan
kita sangat tinggi, mau anak club ataupun bukan asal dia punya
Vespa maka kita anggap saudara kita" jelasnya Mas Joe.
Aku pun mengangguk-angguk tanda setuju. Ikatan batin pemilik Vespa
satu dengan pemilik Vespa yang lain memang layak DI BERI 1000 JEMPOL.
Pas di jalan ketemu sesama pengguna Vespa pasti saling menyapa,
klakson, melambaikan tangan, suatu bentuk rasa persaudaraan erat
antar pengguna Vespa, walaupun mungkin mereka TAK SALING KENAL.
Saluuuuut dah.

Selain punya bengkel Vespa Mas Joe juga merupakan ketua
Club Vespa di Kota Sintang yang bernama PORTUGIS (Persatuan
Orang Tua Gila Scooter). Mas Joe bilang Vespa enggak bakalan
mudah ngambek kalau kita rajin merawatnya. Nih ada beberapa
tips sederhana bila kita ingin Vespa kita enggak mudah ngambek.

A. Merawat Busi
Ada beberapa faktor mengapa busi sering mati misalnya masalah
pengapian, banjir dan kerak busi.
* Masalah pengapian.
Busi mudah mati karena masalah pengapian yang tidak maksimal.
Cek dulu koil, kondensor, platina, kalau sudah pakai CDI coba Maw Bro
cek pulsernya. Pulser berfungsi sebagai perantara CDI agar memercikan
api. Kalau koil biasanya jarang rusak. Kalau rusak yaaaaaaaaa ganti saja
Koilnya.
* Kondensor,
kalau kondensor sudah rusak bisa-bisa mesin jadi "mbrebet-mbrebet".
* Platina, cek kondisi platina, jarak ideal adalah 0,5mm.
Jarak platina kejauhan tidak bisa memercikkan api dengan maksimal,
kalau terlalu dekat bisa "njebret- njebret" bret breeeeet.
Ketiga faktor tersebut menyebabkan busi mudah mati.

B. Cek Pengapian.
Pengapian pada Vespa juga berdampak pada laju motor bahkan
bisa-bisa motor tidak mau hidup, susah starter motor, kendala
pengapian biasanya berada pada stelan platina yang tidak benar,
bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina,
kondensor, spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai jadi
harus segera diganti.

C. Membersihkan Kerak Bensin di Tangki.
Yang pertama Mas bro lalukan adalah kuras dulu bensinnya. Kemudian
lepas baut kran. Kalo sudah cuci pakai air bersih. Terus di jemur
di bawah panas matahari. Ingaaat jangan kelamaan jemurnya ya Mas Bro
takut entar jadi hitaaaaaaam········ wkwkwkkkkkk

D. Mandiin Vespa.
Biar Vespa tetap kinclong ya harus rajin dimandiin minimal seminggu
sekali, jangan sampai kuceeeel dulu baru dimandiin. Biar butut
Tapi enggak baauuu qiiqiqiqi. Kalau mau tampil lebih keren setelah
dimandiin wajib poles biar vespa tambah bersinar-sinar gitu.


PENAMPILAN MOTOR ITU MENCERMINKAN PENGENDARANYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk
Blog ini agar bisa menjadi lebih baik kedepannya.
Berkomentarlah dengan baik demi
kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima
kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap
artikel-artikel Saya.

Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan
fasilitas Anonim namun setidaknya gunakanlah
akun Anda atau minimal nama dan url.
Sehingga kita bisa berteman lebih akrab.